Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 15 pemain yang terpilih dalam program Indonesia Patriots akan berangkat ke Lithuania setelah Lebaran Idul Fitri 2024, guna menjalani pemusatan latihan (TC).
 
Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP PERBASI), Nirmala Dewi, mengatakan saat ini 15 pemain itu sudah dipulangkan ke daerah masing-masing, guna beraktivitas kembali seperti biasa.
 
"Kami sedang mempersiapkan proses keberangkatan mereka ke Lithuania.
 
Tanggal pasti masih dibahas, tetapi yang pasti berangkat setelah lebaran Idul Fitri nanti," kata Nirmala kepada ANTARA melalui telepon di Jakarta, Minggu.
 
Ia menjelaskan, semuanya sudah diminta untuk tetap berlatih mandiri seperti biasa, meskipun ada yang sedang menjalani ibadah puasa.
 
"Kami berharap mereka tetap berlatih sesuai dengan kebiasaan mereka saat latihan, guna menjaga stamina," ujar dia.

Baca juga: 15 pemain terpilih Indonesia Patriots jalani TC di Lithuania
 
Sekjen perempuan itu memastikan, semuanya akan dipanggil kembali setelah lebaran untuk menjalani pemanasan sebagai persiapan menjelang keberangkatan.
 
Saat ini, PERBASI sedang melakukan finalisasi atas perencanaan pelatihan di Lithuania termasuk mengenai jadwal keberangkatan, durasi program, dan jadwal sekolah Indonesia Patriots.
 
Dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA, Sabtu (9/3), sebanyak 15 pemain telah terpilih menjadi bagian Tim Nasional Indonesia Patriots usai melewati proses seleksi yang dilakukan oleh PP PERBASI dan Lithuanian Basketball Federation (LTU Basketball) di GOR CLS Dharmahusada dan GOR CLS Kertajaya, Surabaya, 3-6 Maret.
 
“Secara fisik, tinggi badan pemain yang berada di grup ini sangat mencukupi. Dengan waktu dan pengasahan keterampilan secara tepat, mereka akan dapat menjadi pemain yang signifikan," kata Sekretaris Jenderal LTU Basketball Mindaugas Balciunas.
 
"Secara keseluruhan, kami sangat senang dengan apa yang kami lihat. Dengan pemain-pemain muda yang terpilih ini, kami yakin bahwa Indonesia dapat menjadi tim tangguh yang bermain dengan sangat baik di Asia," tambah dia.

Baca juga: Perbasi genapkan 100 pebasket muda untuk seleksi Indonesia Patriots
 
Proses seleksi dilakukan mulai dari pencarian bakat 100 pebasket muda yang berasal dari 11 kota di seluruh Indonesia mulai dari Jakarta, Tangerang, Makassar, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar, Palembang, dan Manado.
 
Proses scouting itu terbuka untuk pebasket pria Indonesia berusia 13-18 tahun yang memiliki tinggi badan minimal 180 cm.
 
PERBASI menjalin kerja sama dengan LTU Basketball untuk mengembangkan olahraga bola basket tanah air di beberapa aspek, khususnya kepada pemain muda.
 
Kerja sama yang dijalin pada akhir Oktober 2023, memungkinkan LTU Basketball untuk memberikan berbagai pengalaman, pengetahuan, dan manajemen pengembangan olahraga basket kepada Indonesia.
 
Bahkan, pemain Indonesia yang terpilih melalui seleksi akan dikirim ke negara di wilayah Eropa Utara tersebut.
 
Lithuania merupakan salah satu kekuatan besar bola basket dunia. Selain memasok pebasket-pebasket tangguh untuk NBA, Lithuania juga pernah mendapatkan tiga medali Olimpiade, tiga kali juara Eropa, dan pada Piala Dunia FIBA 2023 finis urutan keenam.

Baca juga: Upaya mencari bakat basket muda bertinggi tubuh minimal 180 cm

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024