Basel (ANTARA News) - Usaha Roger Federer untuk mendapatkan poin agar dapat tampil di pertanding final Tur Dunia ATP semakin terbuka, setelah ia mengalahkan Adrian Mannarino pada turnamen di kandangnya sendiri di Basel, Senin.

Petenis Swiss berusia 32 tahun dan mantan petenis nomor satu dunia itu mengatasi ancaman tidak dapat tampil pada turnamen penutup ATP yang hanya diikuti delapan petenis, ketika menang 6-4 6-2 yang disambut gembira oleh para pendukungnya.

Hasil pertandingan Federer selama musim ini membuatnya melorot ke urutan delapan klasemen ATP Race, berada di bawah rekan senegaranya Stanislas Wawrinka dan pemain dari Prancis Richard Gasquet serta Jo-Wilfried Tsonga.

Gasquet, yang meraih gelar juara di Moskow, Minggu, memiliki keunggulan 25 poin dan Federer serta Tsonga 90 poin, demikian laporan Reuters.

Gasquet juga beraksi di Basel, dengan penawaran 500 poin bagi sang juara, menyebabkan para petenis yang tampil harus berjuang habis-habisan agar tidak kandas di tengah jalan.

Pertandingan minggu mendatang di Paris Master merupakan turnamen akhir ATP musim ini dan para petenis berusaha untuk dapat tampil pada babak Final Tur Dunia ATP bulan depan di London.

Federer sudah lolos ke babak final turnamen itu sejak 2002 dan sudah memenanginya enam kali.

Sedangkan juara Wimbledon Andy Murray mundur dari turnamen 2013 karena mengalami masalah pada punggungnya.


(A008)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013