Paris (ANTARA News) - Baik Manchester United maupun Juventus tengah mencari pelampiasan di Liga Champions setelah hasil mengecewakan di liga domestik akhir pekan lalu.

Sedangkan dari Real Madrid, bintang asal Wales, Gareth Bale, akan turun sejak menit awal untuk kedua kalinya dalam musim ini bagi Real Madrid setelah dibelit rangkaian cedera.
 
GRUP A
Bayer Leverkusen vs Shakhtar Donetsk

Bagi Leverkusen pertandingan ini lebih merupakan pelenturan setelah menang 2-1 pada liga domestik melawan Hoffenheim berkat sundulan Stefan Kiessling. Leverkusen kini berada di posisi tiga klasemen Bundesliga, hanya satu poin di bawah Bayern Munchen. Digulingkan Manchester United pada laga perdana Grup A, Leverkusen bangkit mengalahkan Real Sociedad pada laga kedua.
Shakhtar, menempati peringkat kedua grup di bawah United karena perbedaan poin, akan berusaha memupus kenangan buruk musim lalu saat bertandang ke Jerman yang waktu itu dibekap 0-3 oleh Borussia Dortmund pada babak 16 Besar.
Juara liga Ukraina yang tampil di fase grup untuk empat musim terakhir berturut-turut, memulai penampilan dengan cemerlang setelah menang dari Real Sociedad dan seri melawan United.

Manchester United vs Real Sociedad
United mungkin tengah memasuki musim paceklik di awal musim Liga Premier di mana akhir pekan lalu bermain seri dengan Southampton sehingga mengantarkan sang juara bertahan terpental ke posisi delapan yang adalah awal paling buruk dalam 24 tahun.
Liga Champions menjadi arena penghibur MU di mana tim asuhan David Moyes tengah memuncaki Grup A setelah menang melawan Leverkusen dan seri melawan Shakhtar.
Sedangkan Real yang belum mendapat poin harus membawa pulang poin dari Old Trafford jika ingin tetap bertahan di Liga Champions.
Tapi sepertinya itu sulit bagi mereka karena lawatan pertamanya ke Inggris pada Piala UEFA 1975/1976 malah dihancurkan 6-0 oleh Liverpool.
Namun mereka memiliki bekal yang baik untuk pertemuan pertama antarkedua klub setelah menang 2-1 dari Valencia di La Liga akhir pekan lalu.

GRUP B
Real Madrid vs Juventus

Real Madrid tengah berlayar mulus ke babak knockout dengan kokoh bertengger di puncak klasemen Grup B setelah melumat FC Copenhagen dan Galatasaray.
Real akan kembali diperkuat Gareth Bale setelah sembuh dari cedera kecil saat menjadi pemain pengganti sewaktu klubnya menang 2-0 melawan Malaga Sabtu lalu dan mengantarkan tim asuhan Carlo Ancelotti menempati peringkat ketiga.
Pertemuan dengan Juve terjadi menjelang el clasico pertama musim ini saat bertandang ke Barcelona akhir pekan ini.
Xabi Alonso yang absen sejak Agustus akibat cedera, kini telah bugar sepenuhnya namun sepertinya tak akan diturunkan penuh.
Setelah dua kali seri, Juve tengah memburu kemenangan pertama, memiliki persiapan buruk saat bertandang ke Bernabeu setelah kalah 2-4 dari Fiorentina yang merupakan kekalahan mereka pada musim ini.
Pelatih Antonio Conte berbicara tentang ujian mahapenting kala melawan Real nanti. "Madrid tidak pelak lagi adalah salah satu tim terambisius. Kami akan menghadapi tim yang sungguh menginginkan titel ini, karena sejarah mereka dan perburuan mereka untuk tropi Eropa kesepuluh mereka."
 
Galatasaray vs FC Copenhagen
Kedua tim sama-sama sudah mengemas satu poin dan sama-sama memburu kemenangan pertama mereka di Istanbul nanti.
Galatasaray pulih kembali setelah dihancurkan Real, dengan menahan seri Juventus.
Untuk kembali lolos ke babak knockout seperti musim lalu, Galatasaray harus maju mengalahkan juara liga Denmark FC Copenhagen.

GRUP C
Anderlecht vs Paris Saint Germain

Paris Saint Germain tengah bersiap mencatat kemenangan ketiga pada tiga laga Liga Champions musim ini saat menghadapi Anderlecht yang kehilangan rasa percaya diri dan belum mengemas satu pun poin.  Pemuncak klasemen Ligue 1 setelah mengalahkan Bastia akhir pekan lalu tersebut tak akan diperkuat bek Christophe Jallet, Javier Pastore dan Thiago Silva, namun tim asuhan Laurent Blanc ini tak akan terpengaruh karena kaya stok pemain bagus.
Pelatih Anderlecht John van den Brom menurunkan tim termuda dalam sejarah tim tersebut saat menang 2-0 melawan Mons Jumat pekan lalu di liga domestik. Timnya ini bisa saja melakukan hasil serupa Kamis dini hari WIB, apalagi kapten tim Guillaume Gillet kembali lagi merumput.

Benfica vs Olympiakos
Kedua tim melihat hasil dua pertandingan terakhir sebagai momentum penting, dan berburu tempat kedua sehingga bisa mendapatkan satu tempat di babak knockout.
Kedua tim sama-sama menang satu kali, dari lawan yang sama, Anderlecht.
Benfica berpeluang menang karena telah memenangi tujuh laga kandang Liga Champions mereka, sedangkan Olympiakos belum pernah menang tandang dari klub Portugal dan tak bisa menciptakan satu gol pun dalam lima kali bertandang ke Portugal.
Olympiakos tengah pada performa mengesankan di liga domestik dengan memenangkan tujuh pertandingan dan sekali seri. Kemenangan terakhir terjadi saat menang 4-1 dalam laga tandang melawan Platanias Sabtu pekan lalu.

GRUP D
CSKA Moscow vs Manchester City

Kedua tim sama-sama memburu posisi runner up, sedangkan Pilsen kemungkinan besar tersingkir. Sedangkan City mencatat rekor mengkhawatirkan dengan lima kali kalah dari enam laga tandang Liga Champions dalam dua musim terakhir.
City bisa menciptakan kemenangan tandang kedua ketika menghadapi CSKA yang berkinerja buruk.
City melakukan pemanasan yang baik dengan menang tandang 3-1 untuk pertama kalinya di Liga Premier melawan West Ham di mana Sergio Aguero menjadi kunci kemenangan.
Manajer City Manuel Pellegrini yakin kini dia memiliki skuad kuat yang bisa berbuat banyak baik di liga domestik maupun Liga Champions.
Sebaliknya CSKA kini tak pernah menang dan belum menciptakan satu pun gol pada lima laga terakhir di liga domestik, selain tak akan diperkuat playmaker Alan Dzagoev yang dibelit cedera.

Bayern Munchen vs Viktoria Pilsen

Juara bertahan Liga Champions Bayern Munchen seharusnya mudah mengemas sembilan poin dari tiga pertandingan pertamanya, kala melawan Pilsen yang belum memperoleh satu pun poin.
Apalagi pelatih Pep Guardiola ingin penampilannya pada babak pertama meningkat.
Tim tuan rumah akan tampil tanpa gelandang asal Swiss Xherdan Shaqiri dan bek Brazil Dante yang keduanya dibekap cedera.
Guardiola sendiri akan mengandalkan bintang Prancis Franck Ribery yang sudah pulih dari cedera pergelangan kaki.
Pilsen berjuang untuk tampil mengesankan pada Liga Champions tapi mereka menyebut telah memenangkan pertarungan penting dalam mempertahankan pelatih Pavel Vrba yang telah mengantarkan mereka memenangi dua kali gelar juara liga sejak tiba pada 2008.
Tapi kini mereka tertinggal enam poin dari peringkat atas klasemen liga Sparta Prague, dan hanya menang satu kali dari empat pertandingan terakhirnya.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013