Kita fokus meningkatkan pendistribusian lima komoditas pangan strategis tersebut ke berbagai wilayah melalui anak perusahaan...
Jakarta (ANTARA) - Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pangan IDFOOD akan fokus meningkatkan pendistribusian lima komoditas pangan strategis ke berbagai wilayah melalui anak perusahaan dan kantor cabang distribusi yang tersebar di seluruh provinsi.

Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan, gula, daging sapi, daging ayam, telur ayam, dan minyak goreng merupakan lima komoditas pangan strategis yang terus didorong ketersediaannya, khususnya selama periode Ramadan dan Idulfitri 2024.

"Kita fokus meningkatkan pendistribusian lima komoditas pangan strategis tersebut ke berbagai wilayah melalui anak perusahaan dan kantor cabang distribusi yang tersebar di seluruh provinsi," kata Frans di Jakarta, Rabu.

Untuk komoditas gula konsumsi, ID FOOD melakukan upaya stabilisasi pasokan dan harga melalui produksi sendiri dan pengadaan luar negeri di mana saat ini terdapat stok 67,5 ribu ton.

Terkait dengan daging sapi, Frans menyampaikan, ID FOOD melalui PT Berdikari menyiapkan paket daging sapi berbagai varian yang dapat diakses secara luring maupun daring melalui Gerai Daging Berdikari.

ID FOOD juga menjaga stok daging sapi untuk 2024, melalui pengadaan daging beku dan sapi bakalan dari luar.

"Khusus di bulan Ramadan dan jelang Lebaran, Berdikari menyediakan paket daging sapi dalam bentuk parting (bagian-bagian tertentu) dengan harga terjangkau. Upaya ini agar masyarakat bisa punya banyak pilihan dari sisi varian dan harga. Kita tahu daging sapi merupakan salah satu komoditas yang paling banyak dicari jelang Idul Fitri," ujarnya.

Frans melanjutkan, untuk menjaga pasokan minyak goreng, ID FOOD hingga minggu ketiga Maret telah mendistribusikan minyak goreng sebanyak 6,2 juta liter ke 22 provinsi.

Khusus untuk menjaga stok saat Ramadan dan Idul Fitri, ID FOOD telah mempersiapkan pasokan minyak goreng sebanyak 5,1 juta liter. Jumlah tersebut untuk didistribusikan pada periode Maret sampai dengan April 2024.

"Pendistribusian minyak goreng ini merupakan kelanjutan dari program tahun sebelumnya yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga minyak goreng di tingkat konsumen. Di momentum HBKN ini pendistribusian minyak goreng kita akan lakukan lebih masif dengan melibatkan anak perusahaan," ucap Frans.

Frans juga menyebut, untuk penyaluran cadangan pangan pemerintah (CPP) komoditas telur dan daging ayam dilakukan melalui program bantuan pangan penanganan stunting yang telah dimulai kembali proses penyalurannya pada 15 Maret 2024 ini.

Program bantuan pangan penanganan stunting berupa paket 1 kilogram daging ayam dan 10 butir telur ini digelar dalam rangka membantu masyarakat memenuhi kebutuhan gizi untuk menurunkan risiko stunting.

Dimulainya kembali penyaluran di tengah bulan Ramadan ini diharapkan turut membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan protein hewani menjelang hari raya.

Baca juga: IDFOOD targetkan dapat dana pinjaman untuk pengadaan CPP pada April
Baca juga: ID FOOD sebut 2.350 ekor sapi impor tiba bulan ini

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024