Nanti habis Lebaran di pekan pertama dan kedua Mei semua pabrik sudah mulai giling. Dan target kami mudah-mudahan cuaca tahun ini bagus, sehingga produksinya baik seperti tahun lalu
Bekasi (ANTARA) - BUMN Holding Pangan, ID Food menargetkan produksi gula mencapai 280 ribu ton melalui musim giling tebu yang bergulir usai perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Nanti habis Lebaran di pekan pertama dan kedua Mei semua pabrik sudah mulai giling. Dan target kami mudah-mudahan cuaca tahun ini bagus, sehingga produksinya baik seperti tahun lalu," kata Direktur Utama BUMN Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan usai meluncurkan bantuan pangan tahap II bagi keluarga rawan stunting di Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Ia mengatakan sebanyak 280 ribu ton produksi gula tahun ini dilakukan melalui penggabungan secara bertahap tiga entitas produsen gula yang menjadi anak perusahaan ID Food yaitu PT PG Rajawali I, PT PG Rajawali II, dan PT PG Candi Baru.

Frans mengatakan pada tahap awal merger akan melibatkan PT PG Candi Baru dan PT PG Rajawali I dengan pertimbangan lokasi produksi yang saling berdekatan.

Baca juga: Komisi VI dorong pengembangan tebu dan tingkatkan produksi gula

Tujuannya, kata dia, agar produsen gula tersebut saling bersinergi memenuhi pasokan gula nasional dan tidak saling rebutan bahan baku melalui sistem manajemen perusahaan yang sama.

Guna mendukung rencana tersebut, lanjut dia, ID Food sedang memproses peta jalan untuk mendukung target pemerintah mewujudkan swasembada gula nasional tahun 2030.

"Yang kami lakukan saat ini adalah penyeragaman tata kelola gula dan budidayanya. Kemarin rencana jangka panjang kita masih berproses di Kementerian BUMN. Dalam jangka pendek segera akan disetujui dan itu sudah ada waktu kerjanya," kata Frans.

Baca juga: BUMN Pangan ID Food incar peluang distributor minyak merah
Baca juga: Kementan menggenjot produksi tebu capai swasembada gula

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024