Banda Aceh (ANTARA) - Muhammad Ghazi Al Ghifari (17) santri kelas XII IPS Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta Dayah Darul Quran Aceh menjadi imam jemputan di Masjid Nur Al-Naim, Kampung Bukit Temin, Langkawi Kedah, Malaysia, selama Ramadhan 1445 Hijriah.

Koordinator Al Quran Learning Center (ALC) Dayah Darul Quran Aceh Ustadz Alfian Nikmat di Aceh Besar, Rabu, mengatakan Muhammad Ghazi Al Ghifari berangkat ke Malaysia untuk menjadi imam shalat rawatib dan tarawih bersama tiga imam muda lainnya asal Jakarta.

Baca juga: Ratusan santri di Aceh Besar ikut daurah Al Quran guna kejar hafalan

“Ananda Muhammad Ghazi Al Ghifari merupakan qari Aceh terbaik tingkat provinsi maupun nasional. Selain itu, juga salah seorang hafiz 30 juz,” katanya.

Putra asal Kabupaten Aceh Selatan itu juga sudah berada di Negeri Jiran tersebut untuk menjadi imam shalat fardu dan tarawih selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Sementara itu, Kepala SMA Darul Quran Aceh Ustazd Fauzal Azifa Aiyyub mengatakan sejak awal mendaftar sebagai santri di dayah itu, Muhammad Ghazi Al Ghifari sudah menorehkan beragam prestasi untuk kategori tahfiz dan tilawatil Quran.

Koordinator Ta’limul Quran Dayah Darul Quran Aceh itu, Muhammad Ghazi Al Ghazali merupakan santri yang sangat berkarakter, giat, rajin belajar, cerdas dan memiliki daya ingat yang tajam.

“Amanah dan harapan kami untuk teruslah belajar dan berjuang di jalan Allah. Semoga kelak akan menjadi insan yang shaleh, bermanfaat, berwawasan tinggi, beriman dan bertaqwa,” ujarnya.

Baca juga: Ribuan santri ikuti sosialisasi literasi dan inklusi keuangan di Aceh

Baca juga: Ratusan santri di Aceh ikut daurah Al Quran guna kejar target hafalan


Beberapa prestasi yang diraih Muhammad Ghazi Al Ghifari, di antaranya juara satu MHQ tingkat nasional cabang tahfiz 20 juz di Bekasi, Jawa Barat, juara harapan satu nasional STQHN di Jambi, juara dua tahfiz 20 juz putra MTQ tingkat Aceh di Bener Meriah dan juara satu tahfiz 20 juz putra MTQ tingkat Aceh di Simeulue.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024