Tiga daerah tujuan adalah Ternate rute Ambon, Maluku dan Ternate rute Bitung, Sulawesi Utara serta Ternate tujuan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula
Ternate (ANTARA) - PT Pelni Cabang Ternate, Maluku Utara, mulai membuka pelayanan tiket bagi warga di daerah ini yang memanfaatkan program pelayaran mudik gratis oleh Kementerian Perhubungan pada Lebaran Mudik 2024.

Kepala PT Pelni Cabang Ternate, M Lutfi Israr Sutan di Ternate, Rabu, mengatakan, untuk jatah di Maluku Utara sendiri ada tiga daerah tujuan dengan kuota sebanyak 700 orang.

"Tiga daerah tujuan adalah Ternate rute Ambon, Maluku dan Ternate rute Bitung, Sulawesi Utara serta Ternate tujuan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula," katanya.

Dia mengatakan dari tiga daerah tujuan tersebut yang dibagikan sebanyak 700 kuota itu, akan di bagi masing-masing  untuk Ternate ke Ambon, sebanyak 300 orang, rute Ternate tujuan Sanana, sebanyak 100 orang.

Sedangkan untuk Ternate tujuan Bitung, untuk kuota sebanyak 300 orang.

Disiapkan dua kapal yang melayani tiga daerah tujuan sesuai jadwal yang berikan dari Kementerian Perhubungan.

"Dua kapal Pelni yang disiapkan dalam mendukung Program Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan itu, yakni untuk Ternate - Ambon dan Ternate - Bitung, akan dilayani KM Dorolonda, sementara untuk Ternate ke Sanana, akan dilayani KM Sangiang," ujarnya.

Sesuai jadwal, pada 27 Maret akan dibuka pertama dari Ternate tujuan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula dan pada 30 Maret dibuka Ternate tujuan Ambon.

Program Mudik Gratis yang dibuka oleh Kementerian Perhubungan pada Lebaran Tahun 2024 ini, PT Pelni akan mengerahkan sebanyak 19 kapal dengan tujuan sebanyak 29 rute yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah kuota Mudik Gratis 13.012 orang.

Baca juga: Pelni gelontorkan Rp775 juta tanam terumbu karang di Ternate
Baca juga: Tol laut trayek lima resmi beroperasi

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024