Jakarta (ANTARA) -
Pelatih Pelita Jaya Jakarta, Johannis Winar, mengatakan penambahan dua pemain asing, yaitu JaQuori McLaughlin dan Justin Donta Brownlee akan memperkuat skuad untuk bertarung dalam Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.
 
Ia membeberkan, McLaughlin bisa bermain sebagai point guard (PG) dan shooting guard (SG), sementara Brownlee bisa menambah kedalaman skuad dari posisi small forward (SF) dan power forward (PF).
 
 
"BCL Asia ini kompetisi level tinggi.
 
Perlu pemain dengan skill kompetisi yang terbiasa level internasional," kata Johannis yang kerap disapa Ahang, usai mengenalkan dua pemain asing tersebut kepada awak media di Jakarta, Rabu.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, Brownlee juga bisa membantu Muhammad Reza Fahdani Guntara selaku Defensive Player of the Year dan MVP Final IBL 2023 yang baru didatangkan Pelita pada awal musim 2024.
 
"Berdasarkan pengalaman main di level internasional, ukuran tinggi menjadi faktor penting, jadi kami bisa memperkuat pertahanan. Ibaratnya harus dapat bola dulu, baru kami serang," ujar Ahang.
 
Dengan adanya Brownlee, posisi asli Reza yang di PF bisa gonta-ganti ke posisi SF, sesuai kebutuhan saat pertandingan.


Baca juga: Pelita Jaya boyong mantan pemain NBA untuk main di BCL Asia 2024
 
Ahang menyatakan, klub juga berfokus pada strategi untuk mengatur pemulihan (recovery) fisik dan mental pemain yang lebih terukur, karena akan memakan banyak energi saat mengikuti pertandingan di BCL Asia, sekaligus mengarungi kompetisi dalam Indonesian Basketball League (IBL) musim ini.
 
Ahang menambahkan, untuk membagi fokus antara BCL Asia dan IBL, tim kepelatihan juga telah mulai memetakan kekuatan lawan yang akan dihadapi di BCL, sehingga bisa menurunkan pemain dengan efektif sesuai kebutuhan.
 
Khusus untuk Brownlee, pemain berdarah Amerika Serikat-Filipina itu bisa bermain di IBL, karena dia menggantikan slot pemain asing yang telah meninggalkan klub, yaitu Malachi Lewis Richardson. Sedangkan McLaughlin hanya bisa bermain dalam kompetisi BCL Asia pada tahun ini.
 
Sementara, Reza selaku pemain baru di Pelita Jaya mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk berlaga dalam kompetisi internasional itu. Namun, dia hanya akan lebih banyak mempelajari kebiasaan atau pola main dari lawan yang akan dihadapi nanti, serta membangun chemistry dengan pemain lain.
 
Pelita Jaya Jakarta memboyong mantan pemain NBA, JaQuori McLaughlin, yang pernah bermain untuk tim Dallas Mavericks pada musim 2021-2022 dan Justin Donta Brownlee guna memperkuat skuad dalam Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.
 
Brownlee merupakan pemain naturalisasi milik Filipina yang telah malang melintang bermain di Klub Barangay Ginebra San Miguel yang berkompetisi di Philippine Basketball Association (PBA).
 
Pelita Jaya bersama Prawira Harum Bandung akan mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional itu dan memulai persaingan melalui babak kualifikasi di dua negara, yaitu di Ulaanbaatar Mongolia dan Jakarta Indonesia.
 
Babak kualifikasi pertama berlangsung di Ulaanbaatar Mongolia pada 3-7 April 2024, kemudian dilanjutkan pada babak kualifikasi kedua di Jakarta Indonesia, pada 23-26 April.
 
Di ajang itu, Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Jakarta terpilih sebagai tim yang mewakili Indonesia karena merupakan juara dan runner up IBL 2023.
 
Dalam perjuangan di babak kualifikasi, Prawira Harum Bandung tergabung di Grup A bersama wakil dari Malaysia (NS Matrix Deers), Hong Kong (Hong Kong Eastern) dan Mongolia (runner up kompetisi di Mongolia).
 
Kemudian untuk Pelita Jaya akan bersaing mulai dari Grup B dengan wakil Thailand (Hi-Tech Basketball Club), juara kompetisi Mongolia, dan Singapura (Adroid Club).
 
Pada babak kualifikasi pertama di Mongolia, setiap tim akan bermain sebanyak tiga pertandingan. Peringkat pertama Grup A dan B akan lolos ke babak kualifikasi yang kedua di Jakarta.
 
Sementara peringkat dua dan tiga di tiap grup akan bertemu kembali secara silang, untuk memperebutkan tiket babak kualifikasi kedua di Jakarta. Dengan begitu, empat tim akan bersaing di Jakarta untuk memperebutkan tiket ke BCL Asia 2024.
 
Dua tim yang lolos dari babak kualifikasi di Jakarta akan bersaing kembali dengan tim-tim juara di masing-masing negara dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina.


Baca juga: Pelita Jaya-Prawira wakili Indonesia di kompetisi BCL Asia 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024