Tanjung Selor (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Malinau mendapat kesempatan mewakili Indonesia pada ajang San Francisco Bay Area Travel & Adventure Show, salah satu pameran pariwisata dan budaya terbesar di Amerika Serikat (AS).
 
“Kehadiran delegasi ini tidak hanya memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat, tetapi juga menandai peringatan 75 tahun kerja sama kedua negara,” kata Bupati Malinau Wempi W Mawa di San Fransisco, Rabu.
 
Dipimpin oleh Bupati Malinau, delegasi terdiri dari seniman dan pengrajin setempat, menampilkan kekayaan budaya dan potensi pariwisata Indonesia.
 
Kegiatan ini disebut menjadi kesempatan emas untuk memperkenalkan keunikan destinasi wisata Indonesia, serta mempromosikan ekonomi lokal melalui kerajinan dan seni budaya.

Baca juga: Kabupaten Malinau kembali selenggarakan Pesta Budaya Irau

Baca juga: Warsi optimalisasi potensi pesona budaya Suku Punan
 
Keterlibatan Kabupaten Malinau dalam acara ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam memajukan pariwisata dan budaya di kancah global, sekaligus memberikan pengakuan atas upaya daerah dalam mengembangkan potensi lokalnya.
 
Bupati menyebut kegiatan ini menjadi contoh nyata dari diplomasi budaya yang mempererat tali persaudaraan antarnegara melalui apresiasi terhadap keberagaman dan keindahan budaya.
 
Kabupaten Malinau menampilkan tari-tarian kolaborasi etnis di Malinau yakni etnis Dayak, etnis Bulungan, dan etnis Tidung.
 
Delegasi Malinau juga mempromosikan berbagai destinasi wisata yang menarik, antara lai. Air Terjun Semolon, air terjun yang memiliki sumber air panas terbesar di Malinau, dengan keindahan alam yang memikat dan dipercaya memiliki khasiat penyembuhan.
 
Selai itu, Air Terjun Martin Billa, terletak di tengah hutan tropis, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan menawarkan suasana yang sejuk dan tenang.
 
Termasuk Desa Wisata Setulang yang dikenal dengan kearifan lokal dan kelestarian alamnya, menjadi salah satu destinasi yang menarik bagi wisatawan.
 
Tak kalah menariknya adalah Taman Nasional Kayan Mentarang. Salah satu taman nasional terbesar di Indonesia, terkenal dengan biodiversitas tinggi dan spesies langka flora dan fauna.
 
Juga, Desa Wisata Pulau Sapi, yang sebelumnya telah dinobatkan sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.*

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024