Meulaboh (ANTARA) - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh menyerahkan 69 warga etnis Rohingya kepada otoritas Imigrasi Meulaboh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, setelah seluruh korban berhasil dievakuasi dari atas kapal yang terbalik di wilayah perairan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Keseluruhan korban kami temukan di sekitar 21 Nautical Mil arah barat laut Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat,” kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Banda Aceh, Fatur kepada ANTARA di Meulaboh, Kamis.

Ia menyebutkan, saat ditemukan kondisi ke-69 korban dalam keadaan selamat, namun sebagian besar diantaranya mengalami dehidrasi dan kelelahan.

Upaya evakuasi terhadap seluruh korban membutuhkan waktu kurang lebih sekitar tiga jam yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB pagi hingga pukul 12.00 WIB siang.

Fatur mengatakan tim Basarnas tiba ke Pelabuhan Jetty Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat sekitar pukul 14.00 WIB siang dan kemudian pihaknya menyerahkan seluruh korban kapal terbalik ke otoritas terkait.

Ia menjelaskan, dari total 69 warga etnis Rohingya yang berhasil diselamatkan, sebagian diantaranya terdapat Warga Negara Bangladesh.

“Dengan telah ditemukannya seluruh korban, maka upaya pencarian dan pertolongan dengan ini dinyatakan selesai. Seluruh personel sudah kembali ke Banda Aceh,” demikian Fatur.
Baca juga: Informasi 50 etnis Rohingya meninggal di laut Aceh Barat belum pasti
Baca juga: Pemkab Aceh Barat tampung sementara enam etnis Rohingya
Baca juga: Kapal pengangkut seratusan Rohingya terbalik di Aceh Barat

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024