Harus ditanam yang banyak supaya produksinya besar, supaya ini bisa menjadi sumber kehidupan masyarakat Kabupaten Barru dan Provinsi Sulsel.
Makassar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin melakukan penanaman sekaligus panen nanas di Dusun Bette, Desa Jangan-Jangan, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Jumat, sekaligus mendorong kembangkan nanas hingga 1.000 hektare.

Bahtiar mendorong Kabupaten Barru yang memiliki lahan luas untuk melakukan budi daya nanas hingga 1.000 hektare, agar menjadi komoditas unggulan di daerah itu.

"Nah kita baru menggalakkan, petani kita di sini sudah panen. Saya terima kasih sekali, ini adalah komoditas unggulan Sulawesi Selatan. Kami dari pemprov bersama Pak Bupati Barru berdiskusi harus dorong agar tanam sebanyak-banyaknya, kalau bisa tanam 1.000 hektare," ujar Bahtiar.

Menurut Bahtiar, masyarakat harus menanam dalam jumlah besar agar bisa menjadi sumber penghasilan baru.

"Harus ditanam yang banyak supaya produksinya besar, supaya ini bisa menjadi sumber kehidupan masyarakat Kabupaten Barru dan Provinsi Sulawesi Selatan," katanya didampingi Bupati, Dandim, Polres Barru, dan Kajari Barru.

Sebagai Pj Gubernur, dirinya terus menggalakkan tanaman hortikultura, terutama tanaman nanas, karena selain bergizi tinggi, nanas merupakan jenis buah-buahan yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi .

Bupati Barru Suardi Saleh menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Sulsel sudah hadir dan melakukan berbagai kegiatan di Barru, termasuk penanaman sekaligus panen nanas.

"Hari ini Bapak Gubernur Sulsel menyiapkan waktu satu hari penuh untuk kita, tadi tanam dan panen nanas," ujarnya pula.

Menurut dia, kehadiran Pj Gubernur Sulsel di Kabupaten Barru sebuah kehormatan bagi masyarakat dan Pemkab Barru, karena memberikan bantuan kepada masyarakat.
Baca juga: Pemprov jadikan Desa Palippu percontohan pengembangan nanas di Sulsel
 
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin (kiri) ikut panen nanas bersama forkopimda dan petani di Kabupaten Barru, Jumat (22/3/2024). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024