New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street berakhir sedikit berubah atau hampir datar pada Senin (Selasa pagi WIB), menjelang pertemuan dua hari kebijakan Federal Reserve AS yang akan berakhir pada Rabu (30/10).

Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 1,35 poin (0,01 persen) menjadi berakhir pada 15.568,93, lapor AFP.

Indeks berbasis luas S&P 500 naik tipis 2,34 poin (0,13 persen) menjadi ditutup pada 1.762,11, tertinggi baru sepanjang masa, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq turun 3,23 poin (0,08 persen) menjadi 3.940,68.

Ketiga indeks diperdagangkan dalam kisaran yang cukup sempit sepanjang sesi di tengah berita relatif sedikit.

Namun, para investor bersiap-siap untuk rilis laporan laba Apple setelah pasar tutup. Raksasa teknologi itu melaporkan laba turun 8,6 persen menjadi 7,5 miliar dolar AS untuk kuartal keempat tahun fiskal. Sahamnya turun 2,6 persen dalam perdagangan "after-hours".

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) The Fed akan memulai pertemuan kebijakan moneter dua hari pada Selasa.

Meskipun FOMC diperkirakan akan mempertahankan program pembelian asetnya 85 miliar dolar AS per bulan tidak berubah, investor akan mengawasinya untuk petunjuk tentang kapan pengurangan stimulus tersebut akan dimulai.

Perdagangan Senin yang hambar adalah ciri khas dari hari menjelang pertemuan The Fed, kata Michael Gayed, kepala strategi investasi di Pension Partners.

"Ini sepanjang tahun telah menunjukkan bahwa tidak ada masalah kecuali (Ketua Fed) Ben Bernanke menjadikan semuanya akan ditunda ketika Anda telah melewati pertemuan Fed," kata Gayed.

Beberapa perusahaan teknologi yang telah menikmati kenaikan besar pada 2013 mundur karena aksi ambil untung (profit taking). Ini termasuk Facebook (turun 3,3 persen), Netflix (turun 4,3 persen) dan produsen mobil listrik Tesla (turun 4,0 persen).

Procter & Gamble dan Coca-Cola, dua komponen Dow yang turun setelah melaporkan laba pekan lalu, berada di antara pencetak kenaikan terbesar dalam indeks. P&G naik 1,6 persen sementara Coke melompat 1,5 persen.

Komponen Dow, Merck kehilangan 2,6 persen setelah labanya turun 35 persen dari tingkat tahun lalu dan pendapatan yang sedikit tertinggal dari yang diharapkan. Perusahaan mengumumkan awal bulan ini pihaknya memangkas 8.500 pekerja.

Bristol-Myers Squibb melonjak 6,7 persen setelah mengumumkan hasil uji coba menjanjikan pada "clazakizumab", yang digunakan untuk mengobati "rheumatoid arthritis".

Morgan Stanley menaikkan peringkat Bristol-Myers menjadi "overweight" atas dasar pengobatan kanker yang menjanjikan yang sedang dikembangkan perusahaan.

Harga obligasi turun sedikit. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS 10-tahun naik menjadi 2,51 persen dari 2,50 persen pada Jumat, sementara pada obligasi 30-tahun meningkat menjadi 3,60 persen dari 3,59 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013