berharap nama beliau bisa diabadikan
Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) , Mahyeldi mewacanakan untuk mengganti nama Masjid Raya Sumbar sebagai ikon wisata halal provinsi itu menjadi Masjid Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

"Syaikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi merupakan ulama besar asal Minangkabau yang menjadi imam di Masjidil Haram. Kita berharap nama beliau bisa diabadikan menjadi nama masjid yang menjadi ikon wisata halal di Sumbar," katanya saat memberikan sambutan dalam agenda Sumarak Ramadhan di Masjid Raya Sumbar, Padang, Sabtu.

Mahyeldi menyebut telah bertemu langsung dengan salah seorang keturunan ulama besar tersebut, Dr. Khalid Muhammad Al Bahjat Ahmad Khatib Al Minangkabawi yang berkunjung ke Sumbar pada 2023.

Saat itu, wacana untuk mengabdikan nama sang ulama sebagai nama bangunan atau fasilitas umum di Sumbar dan mendapatkan respon positif.

Baca juga: BI tetapkan Masjid Raya Sumbar sebagai percontohan kawasan halal

"Kita rencananya kembali mengundang keturunan beliau untuk datang ke Sumbar dan saat itu langsung meresmikan perubahan nama Masjid Raya Sumbar menjadi Masjid Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi," ujarnya.

Saat ini, keturunan ulama asal Minangkabau itu tersebar pada sejumlah negara menjadi pengusaha dan birokrat.

Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi ulama besar asal Minangkabau yang lahir di Nagari Koto Tuo, Sumatra Barat pada 1860 dan wafat di Makkah pada 13 Maret 1916 di usia 56 tahun.

Di antara muridnya di Makkah ialah KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah) dan KH Hasyim Asy'ari (pendiri Nahdlatul Ulama). 

Baca juga: Iktikaf di Masjid Raya Sumbar gerakkan perekonomian UMKM sekitar

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024