Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum kemarin, Minggu (24/3), menjadi sorotan di antaranya Ketua MK yang memprediksi gugatan sengketa pemilu meningkat hingga Pemkot Bogor segel gudang yang diduga membuang limbah yang mencemari Sungai Ciliwung.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

Ketua MK prediksi jumlah gugatan sengketa Pemilu 2024 meningkat

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo memprediksi jumlah gugatan sengketa pemilu atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 meningkat dari jumlah gugatan pada PHPU tahun 2019.

“Kalau secara jumlah, masih banyak sekarang. Dulu (tahun 2019) kan 262 (perkara). Ini prediksinya bisa lebih,” kata Suhartoyo saat mengecek loket pendaftaran PHPU tahun 2024 di Gedung I MK RI, Jakarta, Minggu.

Suhartoyo menjelaskan, pihaknya hingga Minggu siang masih melakukan penginputan data gugatan yang masuk untuk dicatat ke laman resmi MK. Ia menjelaskan MK masih menghitung pendaftaran yang diajukan oleh perseorangan atau partai.

Baca selengkapnya di sini.

Polresta Bandara Soetta ungkap kasus TPPO ke Serbia

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten berhasil mengungkap dugaan kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terhadap pengiriman 10 orang calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) tujuan negara Serbia.

Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Ronald F.C Sipayung di Tangerang, Minggu mengatakan bahwa dalam pengungkapan kasus tersebut pihaknya berhasil mengamankan tiga orang terduga pelaku, yang masing-masingnya berinisial FP (40), J (40) warga Jakarta Barat dan WPB (25) warga Kota Bandar Lampung.

"Ketiga terduga pelaku ini, diketahui memiliki peran masing-masing. Dan ketiganya kita sudah lakukan penahanan di Rutan Polresta Bandara Soetta," terangnya.

Baca selengkapnya di sini.

Satlantas Polresta Banyumas siapkan pengawalan pemudik bersepeda motor

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas siap memberikan pengawalan kepada pemudik bersepeda motor yang melintas di jalur mudik utama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada momentum Lebaran 2024.

"Di wilayah Polresta Banyumas ada dua jalur mudik utama, yakni jalur tengah (penghubung jalur pantura dengan jalur selatan) dan jalur selatan menuju jalur selatan selatan," kata Kepala Satlantas Polresta Banyumas Komisaris Polisi Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Dalam hal ini, kata dia, jalur tengah melewati Pekuncen-Ajibarang-Purwokerto/Wangon, sedangkan jalur selatan menuju jalur selatan selatan melewati Lumbir-Wangon-Rawalo-Buntu-Sumpiuh-Tambak-Simpang Ijo (Kabupaten Kebumen) ke arah selatan.

Baca selengkapnya di sini.

Polisi amankan PNS rekam perempuan di toilet pakai ponsel tersembunyi

Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Bone Bolango Provinsi Gorontalo mengamankan dan menahan seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merekam aktivitas perempuan di toilet kantor dengan telepon seluler (ponsel) tersembunyi.

Kapolres Bone Bolango AKBP Muhammad Alli di Gorontalo, Minggu, mengatakan bahwa oknum PNS tersebut berinisial RE (29) warga Kabupaten Gorontalo dan bekerja di Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bone Bolango.

"Korbannya enam perempuan yang masih sekantor dengan pelaku, salah satunya RA yang melaporkan kejadian ini kepada kami. Kejadiannya di Kantor BMKG Gorontalo, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango," kata Muhammad Alli.

Baca selengkapnya di sini:

Pemkot Bogor segel gudang terkait dugaan buang limbah ke Ciliwung

Tim gabungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang terdiri atas Satgas Naturalisasi Ciliwung, DLH, satpol PP, BPBD, kecamatan, dan kelurahan melakukan investigasi mencari penyebab busa di aliran Sungai Ciliwung, kemudian menyegel gudang transit yang ada dugaan membuang limbah ke aliran sungai.

Munculnya busa di Aliran Sungai Ciliwung, Kelurahan Kedung Halang, kali pertama dilihat oleh warga pada hari Sabtu (23/3/2024). Temuan itu selanjutnya dilaporkan kepada Satgas Naturalisasi Ciliwung, unsur wilayah, dan DLH Kota Bogor.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda Satpol PP Kota Bogor Asep Permana di Kota Bogor, Minggu, mengungkapkan hasil investigasi yang menemukan gudang transit tempat menyimpan bahan baku sabun cuci piring dan pakaian di Jalan Alkesa, Kelurahan Kedunghalang.

Baca selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024