Safari Ramadhan di Manokwari ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut 26 tahun Kementerian BUMN.
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengadakan Safari Ramadhan BUMN 2024, di Manokwari, Papua Barat, Senin.

Dalam kegiatan tersebut, Pelindo bersama Kementerian BUMN menyediakan 1.000 paket sembako murah untuk masyarakat kurang mampu. Setiap paket berisi beras, gula, dan minyak sebagai upaya untuk membantu meringankan beban kebutuhan pokok masyarakat.

"Safari Ramadhan di Manokwari ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut 26 tahun Kementerian BUMN. Secara keseluruhan, kegiatan safari Ramadhan digelar Kementerian BUMN bersama sejumlah perusahaan BUMN lainnya di 40 kota di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dalam keterangannya, di Jakarta, Senin.

Dalam keterangan terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah dan BUMN dalam memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat.

"Sesuai arahan Presiden Jokowi, pemerintah, termasuk melalui Kementerian BUMN berkepentingan memastikan ketersediaan bahan pangan di tengah-tengah masyarakat dengan harga terjangkau. Hal ini dilakukan untuk merespons fenomena badai El Nino yang menyebabkan kenaikan harga pangan di berbagai daerah di Indonesia," kata Erick.

Safari Ramadhan BUMN 2024 di Manokwari juga diisi dengan kegiatan bazar yang diikuti 15 UMKM lokal binaan Kementerian BUMN. Pada kegiatan itu, juga dibuka pendaftaran mudik gratis kapal laut untuk 100 orang dengan rute Manokwari-Biak dengan keberangkatan 6 April 2024.

Sementara itu, Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan khusus di lingkungan Pelindo, kegiatan safari Ramadhan juga dilakukan Direksi Pelindo di 14 titik atau cabang pelabuhan di seluruh Indonesia seperti Malahayati, Banten, Bitung hingga Manokwari.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan berkah bagi warga setempat di bulan suci Ramadhan ini," kata Ardhy pula.
Baca juga: Menteri BUMN gelar Safari Ramadan serentak 538 kabupaten/kota
Baca juga: Pelindo sediakan 1.000 paket sembako seharga Rp25 ribu di Jakut

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024