Sepanjang 2023, ekspedisi ini telah menjangkau lebih dari 100 pulau terpencil untuk menyediakan uang layak edar....
Jakarta (ANTARA) -
Inisiatif Bank Indonesia mengedarkan uang rupiah hingga ke daerah terdepan, terluar, dan terpencil (3T) dalam Ekspedisi Rupiah Berdaulat meraih penghargaan internasional lingkup bank sentral yakni Central Banking Award (CBA) ke-11 untuk kategori currency initiative.
 
Panitia CBA mengapresiasi inovasi dan keunggulan Bank Indonesia (BI) dalam pengelolaan uang tunai termasuk distribusi di tengah kondisi geografis Indonesia yang menantang.
 
"Sepanjang 2023, ekspedisi ini telah menjangkau lebih dari 100 pulau terpencil untuk menyediakan uang layak edar kepada masyarakat luas," kata Deputi Gubernur BI Doni P Joewono di Jakarta, Selasa.
   
CBA memahami tantangan unik Indonesia untuk mendistribusikan uang tunai ke lebih dari 14.000 pulau di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga tidak mudah melakukan distribusi di tengah keterbatasan moda transportasi, kondisi cuaca ekstrem, dan konektivitas antarwilayah.
 
Sinergi Bank Indonesia dengan TNI Angkatan Laut (AL) yang diwujudkan melalui Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB), yaitu kegiatan distribusi uang Rupiah untuk menjangkau wilayah terdepan, terluar, dan terpencil dengan menggunakan kapal perang TNI Angkatan Laut menjadi poin penting bagi penilaian CBA.
 
"Kolaborasi ini tidak hanya terkait moda, tetapi juga proses pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan. Kolaborasi dari tahun 2012 hingga 2023 ini telah menghasilkan 110 kegiatan penukaran kas keliling di 3T dengan jangkauan 565 pulau," ujar Doni.
 
CBA adalah penghargaan yang diselenggarakan oleh The Central Banking atas inovasi dan keunggulan bank sentral dalam menghadapi tantangan kebijakan dan operasional yang signifikan di tengah meningkatnya tekanan inflasi, perubahan teknologi yang cepat, dan transisi lingkungan. The Central Banking merupakan platform media internasional yang berfokus pada kebanksentralan di 120 negara.

Baca juga: BI Kediri sediakan Rp4,8 triliun untuk Ramadhan dan Idul Fitri 2024
 
Ekspedisi Rupiah Berdaulat merupakan agenda tahunan sejak 2012 yang bertujuan memastikan ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan layak edar guna menjaga kelancaran aktivitas perekonomian dan mendukung momentum pemulihan ekonomi nasional.
 
ERB sebagai komitmen BI dalam distribusi uang rupiah, pada tahun ini akan dilakukan di 18 provinsi. Setiap upaya dalam distribusi termasuk penghargaan yang diperoleh merupakan apresiasi milik bersama karena kegiatan ERB ini merupakan bentuk kerja sama antara kementerian/lembaga, termasuk TNI AL.
 
"Penghargaan ini juga merupakan kebanggaan masyarakat dan diharapkan dapat menumbuhkan dan memperkuat rasa nasionalisme serta membangun kesadaran pentingnya menjaga kedaulatan NKRI, atas dasar bahwa rupiah merupakan satu-satunya alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan di seluruh wilayah NKRI," tuturnya.
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024