Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) menyiapkan 766 komputer guna keperluan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2024.

"Untuk persiapan pelaksanaan UTBK-SNBT 2024, kami sudah siapkan 766 komputer yang tersebar di tiga gedung, serta dua server," kata Ketua Tim PMB Abdul Rajak di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Selasa.

Baca juga: Menkop UKM: Banyak inovasi teknologi Itera yang bisa dibisniskan

Dia mengatakan bahwa secara keseluruhan persiapan komputer untuk digunakan pada pelaksanaan UTBK-SNBT tersebut telah mencapai 70 persen.

"Untuk proses pendaftaran melalui Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dibuka mulai 21 Maret hingga 5 April 2024," kata dia.

Kemudian, lanjut Abdul Rajak, UTBK-SNBT 2024 di Itera akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni pada 30 April dan 2- 7 Mei untuk gelombang pertama dan 14 hingga 20 Mei untuk gelombang kedua.

"Selanjutnya pengumuman hasil SNBT direncanakan disampaikan pada tanggal 13 Juni 2024," kata dia.

Abdul Rajak mengungkapkan pada SNBT 2024, setiap peserta diberikan kebebasan untuk memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.

"Jadi, calon mahasiswa baru ini bisa memilih maksimal 4 program studi dengan urutan pemilihan program studi yang akan menentukan prioritas pilihan," kata dia.

Baca juga: Itera berkomitmen hasilkan SDM unggul

Baca juga: Itera hadirkan peneliti senior STScI bahas kosmologi supernova 


Ia mengungkapkan bahwa Itera menerima total 5.200 kuota untuk 41 program studi (prodi) dalam PMB tahun 2024, dengan tiga skema penerimaan yang berbeda.

"Jadi, selain jalur SNBT, terdapat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan jalur Seleksi Mandiri yang terdiri atas beberapa sub-skema. Sedangkan untuk kuota jalur SNBT ditetapkan sebesar 65 persen dari total penerimaan mahasiswa baru," kata dia

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024