Jakarta (ANTARA News) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana menggelar Jambore Nasional Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) 2013 yang dimaksudkan untuk berbagi pengalaman dan sebagai penghargaan kepada para kader.

"Jambore Nasional ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang berbeda dan sebagai penghargaan kepada para PKB/PLKB atas kerja keras dalam melaksanakan program Kependudukan dan KB di lapangan," kata Kepala BKKBN, Fasli Jalal, yang diwakili oleh Plt Sestama BKKBN, Ambar Rahayu, di Jakarta, Kamis.

Ambar mengatakan, tujuan diadakannya Jambore Nasional PLKB atau Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana adalah untuk meningkatkan wawasan, komitmen, semangat, dan kebanggaan para kader dalam mengelola program kependudukan serta KB di lapangan.

Kegiatan tersebut mengangkat tema "Melalui Jambore Nasional PKB/PLKB dan IMP Kita Perkuat Lini Lapangan untuk Akselerasi Program Kependudukan dan KB"

"Kegiatan jambore akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 2 November 2013," ujarnya.

Jambore itu diikuti 1.000 peserta dengan rincian dari subsidi BKKBN sebanyak 600 orang, sedangkan 398 orang kalangan mandiri.

Menurut Ambar, jumlah peserta meningkat 67 persen dari target yang ditentukan. Hal ini menyebabkan peserta harus diinapkan di tiga hotel berbintang empat yang berbeda.

"Animo peserta cukup tinggi, jumlahnya melebihi target. Mungkin kegiatan jambore semacam ini dijadikan kesempatan oleh para PKB/PLKB dan IMP untuk menjalin tali silaturahmi petugas lapangan di seluruh Indonesia, atau juga sebagai cara untuk refreshing," ujarnya.

Selama kegiatan peserta akan mengikuti berbagai acara, seperti kegiatan learning, berbagi dan bergembira bersama yang akan dipandu oleh Tim ARA Indonesia.

Ambar menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk menambah wawasan dan semangat sekaligus dalam kerangka bergembira.

Berbagai kegiatan diselenggarakan, seperti pembekalan tentang penguatan program pemberdayaan keluarga yang disampaikan Haryono Suyono (Ketua Damandiri) sekaligus sebagai sesepuh BKKBN.

Ambar menambahkan, hasil yang diharapkan dari kegiatan Jambore Nasional PKB/PLKB dan IMP 2013 ini adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasaan tentang program KB, meningkatkan semangat dan motivasi, komitmen, dan tanggung jawab dalam penggerakkan program KKB di lini lapangan.
(W004/T007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013