Nyawa jutaan orang Meksiko dalam bahaya
Mexico City (ANTARA News) - Presiden Enrique Pena Nieto, Kamis, meluncurkan kampanye untuk memerangi kegemukan yang melanda Meksiko dengan mengajak warga untuk lebih banyak berolahraga, sementara Kongres menerapkan pajak khusus untuk penjualan junk food dan minuman bersoda.

Dengan kondisi tujuh dari 10 orang dewasa mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan, Pena Nieto menyerukan "perubahan budaya", dan meminta warga Meksiko untuk lebih banyak berjalan, menaiki tangga dan berolahraga sedikitnya satu jam per hari.

"Kita tidak bisa bersedekap di depan kenyataan ada kegemukan dan kelebihan berat badan. Nyawa jutaan orang Meksiko dalam bahaya," kata pemimpin berpostur langsing itu, sebagaimana dilaporkan AFP.

Penerapan pajak khusus sudah disetujui kongres meskipun lobi-lobi gencar dilakukan oleh industri makanan dan minuman yang mengatakan bahwa langkah itu hanya akan sedikit mengubah masalah berat badan, sementara sektor ekonomi dirugikan.

Meksiko saat ini menempati urutan tertinggi dalam rata-rata penduduk yang mengalami kegemukan dibanding Amerika Serikat dan juga mengalami angka prevalensi diabetes di antara 34 negara organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.

Dalam memberikan strategi perang terhadap kegemukan dan diabetes, Pena Nieto mengatakan Kementerian Kesehatan akan membuka suatu badan pemantau untuk mengawasi program tersebut.

Dengan mengutip ahli kesehatan, Pena Nieto mendesak warga negara menyediakan waktu sedikitnya satu jam sehari untuk olahraga atau melakukan kegiatan fisik yang tidak terlalu memerlukan banyak usaha seperti berjalan kaki atau menaiki tangga.

Pemerintah juga akan menawarkan pemasangan cap "nutrisi bermutu" pada makanan yang lebih sehat sehingga warga Meksiko bisa mengetahui dengan tepat pilihan belanja makanannya.

Strategi itu juga meliputi kampanye untuk mengajak gaya hidup yang lebih sehat dan pola makan yang lebih baik di negara yang tingkat konsumsi minuman berkadar gulanya mencapai 163 liter per orang per tahun, angka tertinggi di dunia.

Pemimpin Meksiko itu mengatakan persetujuan kongres untuk menerapkan pajak khusus bagi minuman soda dan makanan yang kurang sehat, akan memberi tambahan dana yang dapt digunakan untuk program kesehatan dan peningkatan akses air minum di sekolah.

(M007)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013