Jika anda takut melawan Barcelona, lebih baik anda tinggal saja di rumah
Barcelona (ANTARA News) - Barcelona tampil layaknya mitraliur yang siap memberondong setiap lawan, meskipun hasil menang, kalah atau imbang masih tetap mewujud sebagai teka-teki.

Ziarah sepak bola menyediakan suluh bagi mereka yang bertekad berusaha mandiri, bukan meminta-minta belas kasihan seteru. Barcelona adalah energi sarat mobilisasi, artinya siap membuat lawan mencong sana dan mencong sini, tidak terkecuali Espanyol.

Barcelona menjamu Espanyol di Stadion Camp Nou dalam duel bertajuk "El Derby Barceloni" yang digelar pada Sabtu dini hari, pukul 03.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh RCTI.

Meskipun musim kompetisi masih berumur jagung, tim asal Catalan ini megah merengkuh kemenangan demi kemenangan. Pasukan Barca menghantam seterus lawasnya Madrid dengan skor 2-1 di laga bergengsi "El Clasico" pada Sabtu (26/10).

Tiga hari kemudian, Celta Vigo disikat tiga gol tanpa balas oleh Barca. Sungguh, capaian ini menandai dan membingkai rekor tidak terkalahkan dalam 20 laga terakhir.

Atletico Madrid dan Real Madrid kini sedang bersaing ketat saling menyodok untuk meraih posisi pertama klasemen Liga Spanyol (La Liga). Kosokbali, Lionel Messi dan kawan-kawan terus mengoyak setiap lawan.

Dalam helaan tiga dekade terakhir, "Blanquiblus" -julukan bagi Espanyol- hanya mampu merengkuh pulang sekali kemenangan 2-1 pada Februari 2009.

Tentu, Barca di bawah pelatih kepala Gerardo Martino teguh berharap dapat mengulang kemenangan dalam duel "El Clasico" pekan lalu dalam derbi Catalan ini.

Berapi-api ingin tampil apik di awam musim, Espanyol justru berkubang dengan spiral kekalahan dalam beberapa pekan ini. Mereka hanya sekali menang dalam enam laga terakhir. Ini yang membuat pelatih Espanyol, Javier Aguirre berada dalam pusaran tekanan.

Anatomi kedua tim:

Barcelona:
* Full-bek asal Brasil Adriano Correia ditarik keluar di babak pertama ketika Barca menang 3-0 atas Celta Vigo. Ia mengalami cedera otot. Ia belum dipastikan dapat diturunkan dalam laga melawan Espanyol. Martino ingin agar skuad yang ia pimpin benar-benar bugar, karena itu ia melakukan rotasi pemain beberapa pekan ke depan.

* Victor Valdes masih menjadi pilihan utama di bawah mistar. Gerard Pique dan Javier Mascherano diharapkan kembali diturunkan. Dani Alves menempati bek kanan dan Adriano akan menggantikan posisi yang selama ini ditempati oleh pemain muda Martin Montoya. Hanya saja apakah posisi bek-kanan memang pas benar bagi Alves.

* Perlu juga diantisipasi bahwa Sergio Busquets akan ditempatkan di depan Alex Song. Xavi dan Andres Inista akan kembali mengambil peran sebagai dia gelandang tengah. Apakah pola ini benar-benar dapat memuluskan langkah Martino untuk melakukan kebijakan rotasi pemain?

* Peran di ujung tombak akan diberikan kepada dwitunggal Lionel Messi dan Neymar. Alexis Sanchez diharapkan mendukung langkah progresif dari pola serangan Blaugrana. Dalam harian Catalan, Diario Sport justru formasi ini yang diacungi jempol.

* Dalam beberapa pekan ini, Lionel Messi kelak kembali ke posisi asali sebagai pemain sayap kanan, sementara Neymar diplot di sayap kiri. Pola ini merupakan bagian dari perputaran taktis dari peta strategi sebuah tim, tidak terkecuali bagi "Galactico". Martino agaknya gandrung memainkan tiga gelandang terbaik dalam sebuah laga.

* Pertanyaannya, apakah cukup beralasan menempatkan Messi di posisi sayap, apakah justru peran ini di masa depan justru mengurangi peran Xavi?

* Cesc Fabregas akan lebih didorong sebagai gelandang. Ini artinya, Messi berperan sebagai "false nine", yang boleh jadi mengundang sejumlah masalah. Disebut-sebut bahwa Lewandowski bakal menjadi solusi masa depan Barcelona.

Espanyol:
* Javier Aguirre akan menarik bek tengah Raul Rodriguez agar lebih berperan dalam menghadapi pasukan Catalan dalam pertandingan Sabtu ini.

* Espanyol akan diperkuat oleh Thievy Bifouma. Diego Colotto juga masuk di lini pertahanan, sementara striker  Jhon Cordoba masih bergulat dengan cedera otot.

* Penjaga gawang Kiko Casilla menyatakan seluruh rekan-rekannya berusaha "memberi yang terbaik" ketika menghadapi salah satu tim raksasa di La Liga ini.

" Casilla mengatakan, "Kami harus bermain dengan intensitas tinggi dan tetap fokus selama 90 menit ketika melawan mereka. Ini pertandingan yang memang sulit, meski segala sesuatunya mungkin saja terjadi. Saya menaruh hormat kepada seluruh pemain Barca, meski saya tidak takut dengan mereka."

"Jika anda takut melawan Barcelona, lebih baik anda tinggal saja di rumah."

Prakiraan susunan pemain:

Barcelona (4-3-3):
Valdes (penjaga gawang); Alves, Piqué, Mascherano, Montoya; Busquets, Xavi, Iniesta; Alexis, Messi, Neymar

Espanyol (4-2-3-1):
Casilla (penjaga gawang); Lopez, Colotto, Moreno, Fuentes; D. Lopez, Sánchez; Garcia, Thievy, Pizzi; Stuani
   
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Barcelona 4-0 Espanyol (19,04 persen)
* Barcelona 3-0 Espanyol (12,42 persen)
* Barcelona 3-1 Espanyol (10,76 persen)

Head to Head:

La Liga (LIGA)
26 May 2013   Espanyol 0 - Barcelona 2     
  5 Jan 2013    Barcelona 4 - Espanyol 0     
  5 May 2012   Barcelona 4 - Espanyol 0     
  8 Jan 2012    Espanyol 1 - Barcelona 1     
  8 May 2011   Barcelona 2 - Espanyol 0     
 
Lima laga terakhir:

Barcelona
29 Oct 2013    Celta 0 - Barcelona 3   LIGA
26 Oct 2013    Barcelona 2 - Real Madrid 1   LIGA
22 Oct 2013    AC Milan 1 - Barcelona 1   UCL
19 Oct 2013    Osasuna 0 - Barcelona 0   LIGA
5 Oct 2013      Barcelona 4 - Valladolid 1  LIGA

Espanyol
29 Oct 2013    Espanyol 0 - Málaga 0        LIGA
26 Oct 2013    Levante UD 3 - Espanyol 0     LIGA
19 Oct 2013    Espanyol 1 - Atlético de Madrid 0  LIGA
  5 Oct 2013    Elche 2 - Espanyol 1    LIGA
29 Sep 2013   Espanyol 0 - Getafe 2    LIGA

Narasi prediksi:

* Barcelona tidak terus hanyut dengan haru biru dari laga melawan Real Madrid. Mesin mereka sedang panas-panasnya melibas setiap lawan. Tidak bisa dibayangkan, bagaimana kerasnya perjuangan pasukan Espanyol menghalau serbuan para pemain depan "El Barca" yang dimotori oleh Messi dan Neymar.

* Barcelona punya catatan dahsyat ketika berlaga di kandang, apalagi lawan yang dihadapi tim sekota.

* Martino mulai melirik untuk bersiap melawan Milan pekan depan. Lima hari waktu istirahat dinilai relatif cukup untuk menghimpun amunisi melawan pasukan dari Italia. Pelatih asal Italia itu bersiap turun dengan kekuatan penuh menghadapi skuad asal negeri Pizza itu.

* Espanyol besar kemungkinan membangun tembok pertahanan untuk membentengi diri dari serangan bertubi-tubi balatentara Catalan yang bermodal pemain-pemain sarat talenta.

* Takzim layaknya diberikan kepada Messi dan kawan-kawan bila memang mampu membongkar pertahanan Espanyol. Pertanyaan kuncinya, mampukah Espanyol menjinakkan laju lokomotif Barcelona yang nota bene punya rataan menjaringkan tiga gol di setiap laga?

* Pengalaman berbicara bahwa talenta Barca cukup menemui kesulitan ketika menghadapi tim yang punya pertahanan relatif kokoh.

* Penampilan Messi dan Neymar berulangkali mengisi kepala pemberitaan media massa global. Kedalaman dan ketajaman keduanya terus menunjukkan grafik meningkat. Andres Iniesta, Cesc Fabregas, Alexis Sanchez, Pedro dan Xavi telah menjadi kesatuan yang kompak.

* Espanyol akan berusaha memperlambat tempo permainan menghadapi penguasaan bola Barcelona yang kelewat komplet. Mudah dikatakan, sulit dilakukan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Barcelona: 3
Espanyol: 1    

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013