Jakarta (ANTARA) - Ajang internasional 10th World Water Forum bertema Water Share for Prosperity akan segera digelar pada 18-25 Mei 2024 di Bali, Indonesia dengan melibatkan 172 negara untuk membahas permasalahan dan potensi sumber daya air bagi dunia.

“Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 untuk memberikan pandangan dan solusi tentang masalah air di seluruh dunia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi saat menghadiri acara Konser Musik: Yuk Ngabuburit Jelang World Water Forum ke-10 di Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu.

10th World Water Forum merupakan pertemuan internasional terbesar di dunia yang diadakan setiap tiga tahun sekali sejak 1997 untuk membahas kebijakan air di seluruh dunia. Forum ini terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2022 di Senegal, Afrika Barat.

“Indonesia terpilih sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10, yakni forum air terbesar di dunia dan Indonesia tercatat sebagai negara di Asia Tenggara pertama yang terpilih menjadi tuan rumah,” kata Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Septriana Tangkary.

Baca juga: Kemkominfo siapkan media center dan internet cepat untuk 10th WWF 2024

Baca juga: Kemenkominfo siapkan mekanisme untuk jurnalis liput WWF ke-10


“Acara ini merupakan kesempatan yang baik untuk berdiskusi, bertukar ilmu dengan pemangku kepentingan dari berbagai negara dalam mencari solusi di bidang sumber daya air,” tambahnya.

10th World Water Forum akan terdiri dari tiga proses utama, yaitu Politik, Regional/Kawasan, dan Tematik.

Ketiga proses tersebut akan mengkoordinasikan berbagai upaya yang berorientasi pada aksi atau solusi nyata melalui agenda politik dan regional yang diprioritaskan, serta tema-tema utama yang diidentifikasi, untuk mencapai tujuan air sebagai sarana menuju kemakmuran bersama.

Dalam menyambut 10th World Water Forum, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan rangkaian kegiatan dan sosialisasi kepada masyarakat. Antara lain konferensi pers, bincang tokoh, konser musik, kunjungan media, serta pembaruan seputar acara ini melalui media sosial.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika juga akan melakukan promosi pada media di luar, seperti Billboard, videotron, dan bus,” kata Septriani.

Bersamaan dengan gelaran konser musik untuk menyambut 10th World Water Forum, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika juga mengumumkan bahwa aktris Cinta Laura terpilih sebagai Communications Ambassador atau duta 10th World Water Forum.

Melalui Cinta Laura, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan, terutama permasalahan di sektor air.

“Saya sangat bersyukur dan terhormat buat 10th World Water Forum ini, dan forum ini sangat dibutuhkan agar masyarakat mengerti bahwa banyak sekali langkah mudah untuk memitigasi masalah ini,” kata Cinta.

Baca juga: Menkominfo bertemu World Water Council bahas kesiapan WWF ke-10

Baca juga: Menteri PUPR: WWF ke-10 peluang baik bagi generasi muda berpartisipasi

Baca juga: Menteri PUPR: WWF ke-10 tempatkan isu air di puncak agenda global

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024