Jombang (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto mengadakan kegiatan Safari Ramadhan 2024 di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Menkopolhukam mengungkapkan kegiatan ini sengaja digelar untuk merajut serta menjaga ukuwah di seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan ini juga dinilai tepat, sebab bersamaan dengan bulan suci Ramadhan.

"Saya melaksanakan Safari Ramadhan ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang sekaligus nyekar atau ziarah ke makam Presiden keempat RI K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Tujuan Safari Ramadhan ini kami terus merajut, menjaga ukuwah di seluruh lapisan masyarakat," katanya di Jombang, Rabu.

Ia menambahkan jika ukuwah ini kuat turut mempengaruhi stabilitas politik, hukum serta keamanan di seluruh Indonesia.

Baca juga: Menko Polhukam pastikan suasana kondusif pasca-Pemilu 2024

Dalam kunjungannya, Menkopolhukam juga didampingi sejumlah pejabat. Rombongan langsung diterima oleh pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang K.H. Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin.

Rombongan kemudian menuju ke ndalem kasepuhan istirahat sebentar. Setelahnya, rombongan ziarah ke makam Presiden keempat RI K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang berada di area pondok.

Dalam ziarah itu, dilantunkan tahlil dan doa bersama. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga.

Selain ke makam Gus Dur, di lokasi makam tersebut juga ada makam pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, yang lama, K.H. Sholahudin Wahid atau Gus Sholah. Ia adalah adik Gus Dur.

Ada juga makam pendiri Pesantren Tebuireng, K.H. Hasyim Asy'ari, kakek Gus Dur, makam K.H. Wahid Hasyim, yang merupakan tokoh nasional sekaligus ayahanda dari Gus Dur, serta sejumlah makam dari anggota keluarga.

Baca juga: Hadi Tjahjanto minta doa restu Sultan HB X sebagai Menkopolhukam

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, K.H. Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab disapa Gus Kikin mengatakan sebelum menjadi Menkopolhukam, Pak Hadi Tjahjanto sudah sering berkunjung ke Pesantren Tebuireng, bahkan semasa menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional juga biasa berkunjung ke Pesantren Tebuireng, Jombang.

"Pak Menkopolhukam pas jadi menteri dan kepala BPN sudah biasa ke sini. Sebagai Panglima TNI juga biasa ke Pesantren Tebuireng. Kenalnya sudah lama, tapi berkunjung sebagai Menkopolhukam ke Pesantren Tebuireng itu saat ini," katanya.

Ia menambahkan, kunjungan ini sekaligus koordinasi dan tali silaturahmi serta konsolidasi. Menurut dia, konsolidasi dengan pondok pesantren juga penting.

"Karena kami biasa untuk bersama masyarakat dan itu lekat dengan tugas Pak Menkopolhukam. Saya rasa itu sangat baik sekali. Ulama juga harus mendukung, supaya bangsa ini ayem tentrem," kata Gus Kikin.

 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024