Yang jadi pekerjaan rumah adalah Pasar Jaya. Pasar Jaya itu masih masuk dalam lingkup Chinatown tapi mereka masih dipagar
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menyatukan kawasan Chinatown di Glodok, Tamansari, Jakarta Barat dengan Pasar Jaya untuk mewujudkan kawasan wisata yang menyatu dengan lingkungan sekitar.

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Barat, Indra Patrianto menyebutkan penyatuan kawasan itu merupakan kelanjutan dari penataan kawasan Chinatown yang rampung pada 2023

"Penataan kawasan sebenarnya sudah selesai, tinggal beberapa pekerjaan rumah untuk menyatukan Pasar Jaya, dengan Chinatown," kata Indra saat ditemui di Jakarta pada Rabu.

Indra mengatakan  Pasar Jaya masuk dalam lingkup wilayah Chinatown, namun masih dipagar. Hal tersebut kini sedang dikoordinasikan  dengan pihak Pasar Jaya.

"Yang jadi pekerjaan rumah adalah Pasar Jaya. Pasar Jaya itu masih masuk dalam lingkup Chinatown tapi mereka masih dipagar. Kita sudah koordinasi dengan Pasar Jaya agar bagaimana caranya pagar bisa dilepas sehingga bisa menyatu dengan Chinatown," kata Indra.

Dengan dibukanya pagar Pasar Jaya, Indra menyebut setidaknya akan ada tiga kantong parkir di kawasan Chinatown, termasuk lahan parkir Pasar Jaya.

"Jadi lahan parkir kan ada tiga kalau enggak salah ya. Ada di Petak Sembilan, kemudian Gloria di bagian belakang, kemudian nanti juga di lahan parkir Pasar Jaya. Jadi nanti tidak ada lagi yang parkir di jalan," kata Indra.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat menyiapkan integrasi Kawasan Pancoran, Glodok, Taman Sari atau Chinatown dengan kawasan Kota Tua.

Persiapan integrasi tersebut menyusul pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) di depan gerbang Chinatown yang diikuti pembangunan trotoar menuju Kota Tua.

"Nah, dengan adanya MRT akan dibangun juga trotoar yang di depannya untuk menyatukannya. Itu makanya Glodok (Chinatown) disiapkan," kata Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Jakarta Barat, Achmad Ichsan Tasik saat ditemui di Jakarta pada Selasa (27/2).

Achmad mengatakan bahwa persiapan tersebut dilakukan dengan menata sejumlah titik di kawasan Chinatown.

"Glodok itu sudah mulai kita tata di tahun 2022 sampai 2024 ini, dengan pengerukan saluran tengah, trotoar sekitarnya, saluran Jalan Gloria diperbaiki, terus arah parkiran Gloria itu kita perkeras dulu jalannya. Kemudian, UMKM-nya itu, pedagang-pedagang itu kita geser ke kanan supaya bisa masuk ke parkirannya," kata Achmad.

Sementara itu, kata Achmad, parkiran di bagian belakang Jalan Gloria akan dibangun parkiran bertingkat oleh Unit Pelaksama Teknis (UPT) Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
Baca juga: Pemkot Jakbar siapkan integrasi Chinatown dengan Kota Tua
Baca juga: Menyambut Tahun Naga: Sekilas Kegiatan yang Digelar dalam "Chinatown Chinese New Year Celebrations 2024"
Baca juga: Gapura Pecinan Glodok, ikon baru DKI Jakarta


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024