Bahwa sesuai hasil pengecekan stok 11 komoditas tersebut tergolong aman dan stabil.
Ambon (ANTARA) - Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Maluku menyatakan stok komoditas pangan tergolong aman dan stabil, setelah melakukan monitoring dan evaluasi stabilitas harga sembako di Kota Ambon menjelang Idul Fitri 2024.

Kebutuhan pokok masyarakat yang diawasi dan dipantau, yakni komoditas beras, cabai, bawang putih, bawang merah, kedelai, telur ayam ras, daging ayam ras, daging sapi, gula pasir, minyak goreng dan terigu.

“Bahwa sesuai hasil pengecekan stok 11 komoditas tersebut tergolong aman dan stabil," kata Ketua Tim Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Maluku AKP Pieter Matahelumual, di Ambon, Kamis.

Dalam pengawasan tersebut, tim Satgas Pangan Polda Maluku mengaku menyoroti pergerakan harga bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, dan daging.

Hal itu dilakukan untuk mengidentifikasi potensi kenaikan atau penurunan harga yang dapat berdampak signifikan bagi konsumen.

Ia mengatakan, secara umum di Provinsi Maluku terjadi kenaikan harga barang kebutuhan pokok dan penting yang dijual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), namun masih dalam batas wajar.

Dia juga menekankan pentingnya kerja sama antara instansi terkait dan pengawasan yang ketat terhadap pelaku usaha dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok.

Pieter menegaskan komitmen untuk melindungi kepentingan konsumen dan memastikan akses terhadap bahan pokok yang cukup dan terjangkau.

Tim Satgas Pangan Polda Maluku akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala guna memastikan stabilitas harga bahan pokok tetap terjaga demi kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, lokasi yang didatangi tim terdiri dari Satgas Pangan Maluku maupun Satgas Pangan Pusat berlangsung di Pasar Mardika, Pasar Batu Merah, Indogrosir, Gema Rejeki/51, dan beberapa mal di Ambon.
Baca juga: Satgas Pangan Maluku awasi bahan pokok kedaluwarsa jelang Ramadhan
Baca juga: Satgas Pangan Polda Maluku awasi penjualan takjil di Ambon


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024