Manokwari (ANTARA) - Uskup Manokwari Sorong Mgr Hilarion Datus Lega mengajak seluruh umat Katolik di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya memaknai perayaan Paskah 2024 dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Hal tersebut sesuai dengan tema Aksi Puasa Pembangunan Nasional (APP) 2024 'Mengembangkan Ekonomi Ekologis' yang visi dasarnya berasal dari dokumen Paus Fransiskus.

Baca juga: Uskup Manokwari tahbis 12 imam Katolik

"Sebagaimana umat manusia mencintai satu sama lain, maka mari kita semua merawat bumi dan mencintai lingkungan hidup," kata Mgr Hilarion Datus Lega seusai memimpin perayaan Jumat Agung di Gereja Imanuel Sanggeng Manokwari, Papua Barat.

Menurut dia, perayaan Tri Hari Suci Paskah yang dimulai sejak ibadah Kamis Putih, Jumat Agung, hingga Sabtu Suci mengamanatkan umat Katolik bergandengan tangan merawat alam.

Kekayaan sumber daya alam yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa bagi kehidupan umat manusia, perlu dipelihara dengan baik agar dapat dinikmati generasi penerus bangsa.

"Melestarikan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan supaya dunia menjadi hunian yang semakin hari semakin lebih baik," pesan Uskup.

Selain itu, kata dia, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) mengimbau umat Katolik turut berkontribusi menyukseskan program pembangunan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Konflik kepentingan yang terjadi selama perhelatan Pemilu 2024 harus segera diakhiri dengan saling bersinergi dan berkolaborasi, guna menggapai visi Indonesia Emas Tahun 2045.

"Setelah Pemilu 2024, kehidupan kita kembali normal. Mari bersama-sama melangkah untuk menatap masa depan bangsa dan negara," ujar Mgr Hilarion.

Uskup juga mengapresiasi peran serta aparat keamanan dan semua masyarakat di Papua Barat maupun Papua Barat Daya, sehingga ibadah Kamis Putih dan Jumat Agung berjalan lancar.

Baca juga: Pelindo dan Kementerian BUMN menggelar safari Ramadhan di Manokwari

Baca juga: Majelis Rakya Papua segera bahas hak politik OAP pada Pilkada 2024


Perayaan Paskah 2024 beriringan dengan bulan Ramadhan 1445 Hijriah yang memiliki pesan bagi umat untuk tetap saling menghormati satu sama lain dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

"Tahun ini sangat bagus, karena umat Katolik rayakan Paskah, umat Islam menjalani puasa untuk sama-sama merayakan kemenangan," ujar Mgr Hilarion Datus Lega.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024