Kupang (ANTARA) - Satuan Brimob Polda NTT yang tergabung dalam Sub Satgas Penjinak Bom Operasi Semana Santa Turangga 2024  melakukan patroli dan dialog di sejumlah gereja di Kota Kupang untuk mencegah gangguan kamtibmas menjelang perayaan Paskah di daerah itu.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Araisandy di Kupang, Jumat mengatakan bahwa patroli  yang dilakukan oleh Subsatgas Jibom Brimob Polda NTT dengan menyambangi gereja-gereja di wilayah ibu kota provinsi NTT itu.

“Mereka juga berdialog dengan penjaga gereja serta tokoh agama di gereja yang dikunjungi,” katanya.

Dalam patroli itu juga, kata mantan Kapolres Timor Tengah Selatan (TTS) tersebut, personel Sub Satgas Jibom Operasi Semana Santa Turangga 2024 menyampaikan imbauan kamtibmas kepada para jemaat sebagai bagian dari upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Hari Raya Paskah.

Beberapa gereja yang disambangi adalah  GMIT Ebenhaezer Oeba, GMIT Talitakumi Pasir Panjang, dan Gereja Santa Maria Asumpta.

Di setiap gereja, anggota Subsatgas berkomunikasi dengan penjaga gereja dan tokoh agama untuk membahas langkah-langkah yang dapat diambil guna memastikan keamanan selama ibadah Paskah berlangsung.

Menurut dia, pentingnya kerja sama antara aparat keamanan, penjaga gereja, tokoh agama, dan masyarakat dalam menjaga keamanan selama perayaan Paskah.

"Kami berharap dengan patroli dialogis ini, kami dapat memberikan rasa aman kepada jemaat yang hendak merayakan Hari Raya Paskah di gereja-gereja Kota Kupang," ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, langkah itu merupakan bagian dari upaya preventif untuk mencegah potensi gangguan keamanan selama perayaan Paskah.

Dengan adanya sinergi antara aparat keamanan dan komunitas gereja, diharapkan perayaan Hari Raya Paskah dapat berjalan lancar dan damai tanpa gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024