Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berharap polisi bisa segera menemukan pelaku penembakan yang terjadi di rumah seorang calon anggota legislatif (caleg) di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Saya mendesak jajaran pimpinan Polri untuk menginstruksikan Polda DIY Yogyakarta melakukan pengusutan tuntas kasus penembakan tersebut dan mencari pelaku, mencari tahu apa motif tindakannya dan membawa pelaku ke pengadilan," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Ahmad Basarah.

Saat ditemui di gedung DPR, Senin, anggota Komisi III DPR itu mengatakan penanganan kasus penembakan itu harus segera diselesaikan supaya tidak sampai menimbulkan provokasi yang bisa mengganggu tahapan pelaksanaan Pemilu 2014.

"Karena Polri berkewajiban menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar Pemilu 2014 berjalan secara aman, lancar, tertib dan jurdil," kata dia.

Dia juga meminta pengurus dan kader-kader PDIP di wilayah Yogyakarta dan seluruh Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak terprovokasi upaya-upaya kekerasan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

"Tingkatkan soliditas dan kekompakan sesama kader partai untuk menghadapi setiap tantangan kepartaian yang dihadapi di lapangan," kata Baskara.

Rumah caleg PDIP Lestanta Budiman di Jalan Wahid Hasyim 40B, Desa Condongcatur, Keamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daearah Istimewa Yogyakarta, menjadi sasaran tembak orang tak di kenal pada Senin sekitar pukul 00.44 WIB. Kejadian itu menyebabkan satu orang terluka.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013