"Pengecekan ini sebagai langkah preventif menjelang Hari Raya Idul Fitri guna mencegah praktik kecurangan dalam penjualan BBM yang dapat merugikan masyarakat,"
Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Touna, Polda Sulawesi Tengah melakukan pengecekan terhadap sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah hukumnya guna mencegah praktik kecurangan pengisian bahan bakar minyak (BBM) menjelang berlangsungnya arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Pengecekan ini sebagai langkah preventif menjelang Hari Raya Idul Fitri guna mencegah praktik kecurangan dalam penjualan BBM yang dapat merugikan masyarakat," kata Kasat Reskrim Polres Touna Iptu Ridwan Umar di Tojo Una-Una, Minggu.
 
Ia mengatakan pengecekan dilakukan untuk memastikan bahwa setiap SPBU mematuhi standar operasional, termasuk dalam hal pengisian BBM dan pelayanan kepada konsumen.
 
Pemeriksaan dilakukan terhadap SPBU Pusungi, Kecamatan Ampana Tete dan SPBU Bailo, Kecamatan Ampana Kota do Kabupaten Tojo Una-una.
 
Pengecekan ini, kata dia, sebagai upaya memastikan ketersediaan stok BBM menjelang mudik Lebaran serta untuk mengawasi kemungkinan adanya kecurangan, seperti kecurangan takaran, bahan bakar yang tercampur air, maupun pemalsuan BBM.
 
Pada giat tersebut, dilakukan dengan mengecek stok BBM yang dilanjutkan memeriksa ketepatan takaran pada masing-masing mesin pompa dan memastikan BBM murni tidak tercampur air atau bahan lain.
 
"Dari hasil pengecekan, tidak ditemukan adanya tindakan kecurangan di SPBU yang diperiksa. Seluruh kegiatan berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.
 
Menurut dia, langkah ini merupakan bagian dari upaya pihak kepolisian dalam memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik saat melakukan perjalanan, serta untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal di sepanjang perjalanan mudik.
 
Ia berharap dengan berbagai upaya preventif yang dilakukan, diharapkan pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pemudik.
 
Pihaknya akan rutin melakukan pengawasan dan pengecekan untuk memastikan situasi kamtibmas tetap terjaga dan kondusif menjelang dan selama pelaksanaan mudik Lebaran.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024