Sidoarjo (ANTARA) -
Aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan pengecekan di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di kabupaten setempat saat arus balik Lebaran 2024 untuk mencegah kecurangan penjualan bahan bakar minyak (BBM).
 
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Christian Tobing, di Sidoarjo, Sabtu, turun langsung mengecek sejumlah SPBU di Kabupaten Sidoarjo yang menjual BBM demi mewujudkan rasa nyaman bagi pemudik.
 
"Pengecekan yang dilakukan di SPBU tersebut meliputi kesesuaian tera ukur dengan batas toleransi ketentuan UPT Metrologi Legal Kabupaten Sidoarjo dari beberapa sampel nozzel dan jenis BBM yang berbeda," ujar Christian Tobing.

Baca juga: Polres Bantul dan Pertamina cek takaran SPBU antisipasi kecurangan
 
Ia mengatakan, terjadinya tindak kecurangan maupun penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) dapat mengganggu kenyamanan pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Kapolresta didampingi Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Agus Sobarnapraja dan pihak pengelola SPBU melakukan pengecekan kondisi tangki atau tandon penyimpanan BBM.

Petugas juga melihat kondisi mesin pompa SPBU dan kemudian dilanjutkan mengukur takaran BBM lewat bejana ukur.

Baca juga: Polres Touna cek SPBU cegah kecurangan pengisian BBM jelang mudik

"Setelah dilakukan pengecekan, hasilnya telah memenuhi syarat dan takarannya sudah sesuai. Jadi, tidak ada indikasi merugikan konsumen," ujarnya.

Menurut dia, upaya ini untuk memastikan masyarakat saat melakukan perjalanan mudik maupun balik Lebaran 2024 mendapatkan pelayanan yang baik dari pihak pengelola SPBU.

"Apabila ada temuan pelanggaran atau kecurangan, maka akan diproses sesuai dengan peraturan yang berlaku," ucapnya.

Baca juga: Polres Bangka Selatan antisipasi praktik niaga curang di SPBU

Pihak kepolisian juga memastikan pasokan BBM di SPBU di wilayah Kabupaten Sidoarjo aman pada masa Lebaran 2024.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024