Sidoarjo (ANTARA) -
Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo di Jawa Timur menyiagakan 800 orang personel untuk menjaga pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) di wilayah kabupaten setempat.
 
Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Komisaris Besar Polisi K Wahyu Bintoro, di Sidoarjo, Selasa mengatakan selain dari pihak kepolisian juga didukung personel tambahan dari unsur TNI serta dari pemangku kepentingan terkait lainnya.

Ia memimpin apel Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 didampingi Komandan Kodim 0816/Sidoarjo, Letnan Kolonel Infantri Guntung D Prasetyo, serta dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Sidoarjo.

Baca juga: Polda Sulut gelar pasukan Operasi Mantap Brata dalam pengamanan Pemilu

"Karena itu dalam mewujudkan kondusivitas kamtibmas selama masa Pemilu 2024 yakni dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata Semeru di Kabupaten Sidoarjo, diturunkan sekitar 800 personel kepolisian serta di dukung dari pihak TNI maupun pemangku kepentingan terkait,” katanya usai gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 di parkir timur GOR Sidoarjo.

Ia mengatakan, selama 222 hari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melaksanakan Operasi Mantap Brata secara menyeluruh wilayah Indonesia termasuk di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca juga: Polres Bangka Barat laksanakan simulasi pengamanan pemilu

Ia mengatakan, pelaksanaan Operasi Mantap Brata Semeru dimulai dari tahap pendaftaran Pemilu, penetapan calon presiden dan calon wakil presiden, kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara, penetapan hasil Pemilu, pengucapan sumpah janji anggota DPR, DPD dan DPRD serta pengucapan sumpah janji presiden dan wakil presiden.

Ia menyampaikan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 merupakan operasi pemeliharaan keamanan, yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan penegakan hukum secara humanis dan profesional.

Baca juga: Kapolresta Bandung pastikan personelnya netral dalam Pemilu 2024

"Sehingga, terwujud situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif khususnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo," ujarnya.

Disinggung potensi kerawanan di wilayah Kabupaten Sidoarjo dalam perhelatan Pemilu 2024, dia mengatakan bersama pihak terkait sudah memetakan dan mempelajari titik rawan. Meskipun Kabupaten Sidoarjo terbilang situasi relatif aman dan kondusif.

“Intinya kami siap amankan Pemilu 2024. Setiap tahapan tetap kita siapkan secara maksimal sehingga pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar, situasi kamtibmas pun aman dan kondusif,” tuturnya.
 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023