"Tingkat kelulusan pemohon SIM di Sidoarjo masih rendah karena mereka tetap kesulitan melewati ujian praktik kendati Polri telah mengganti lintasan zig-zag dengan huruf S. Itulah yang mendorong kami berinovasi dengan memberikan pelatihan kepada calon
Sidoarjo (ANTARA) -
Petugas Satlantas Polresta Sidoarjo, Jawa Timur memberikan latihan gratis uji praktik kepada pemohon surat izin mengemudi (SIM) menyusul masih banyak pemohon di kota setempat yang kesulitan lulus dari ujian praktik SIM.
 
Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Indra Budi Wibowo di Sidoarjo, Kamis mengatakan latihan tersebut dikemas dalam program Cepat Tingkatkan Kemampuan Ujian Praktik dan Ujian Teori SIM (Cekatan SIM) dimana calon pemohon SIM bisa lebih dulu mendapatkan pelatihan melewati lintasan huruf S sebelum mengikuti ujian sesungguhnya.
 
"Tingkat kelulusan pemohon SIM di Sidoarjo masih rendah karena mereka tetap kesulitan melewati ujian praktik kendati Polri telah mengganti lintasan zig-zag dengan huruf S. Itulah yang mendorong kami berinovasi dengan memberikan pelatihan kepada calon pemohon SIM sebelum mereka melakukan tes sesungguhnya," ucapnya.
 
Ia mengatakan, program ini digelar untuk meningkatkan kemampuan berkendara para pemohon SIM agar mereka lebih mudah lulus.
 
"Itu sebabnya materi pelatihan yang diberikan persis sama dengan saat tes sesungguhnya. Materi latihan diberikan oleh petugas kami dan itu pun tidak cuma sekali atau dua kali, tetapi sampai mereka benar-benar mahir dalam berkendara," katanya.
 
Ia menyebut pelatihan uji praktik SIM di Polresta Sidoarjo dibuka setiap hari Rabu dan Jumat pada pukul 15.00-16.00 WIB dan pihaknya berencana membuat lapangan latihan di seluruh kecamatan di Kabupaten Sidoarjo untuk menampung animo masyarakat.
 
"Sejauh ini masyarakat Sidoarjo menyambut baik program pelatihan Cekatan SIM karena mereka sendiri merasakan manfaatnya. Banyak permintaan untuk menggelar pelatihan uji praktik di desa mereka demi memudahkan warga," ucapnya.

Kompol Indra menegaskan bahwa pihaknya tidak membebankan biaya apapun kepada peserta pelatihan uji praktik ini.
 
"Semuanya gratis dan kami bimbing sampai mahir. Lewat program Cekatan SIM ini pula kami jajaran Satlantas Polresta Sidoarjo ingin masyarakat jadi mengetahui serta mengalami sendiri bahwa proses pembuatan SIM yang sesuai aturan di Polresta Sidoarjo ternyata mudah, murah, dan cepat," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023