Soalnya kalau puasa rasanya pengen santai-santai. Tetapi kita punya tanggung jawab untuk latihan. Jadi mau tidak mau harus melawan rasa malas untuk latihan
Temanggung (ANTARA) - Atlet panahan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tetap melaksanakan latihan di bulan puasa baik pagi maupun sore hari sekaligus untuk ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

Ketua Komunitas Croco Archery Kabupaten Temanggung Hari Fitrianto di Temanggung, Minggu, menjelaskan Ramadhan ini para atlet tetap melaksanakan latihan, khususnya untuk atlet yang sudah terpilih mengikuti seleksi kegiatan provinsi pada 20-27 Juni 2024 di Semarang.

Selama Ramadan, pihaknya memfokuskan untuk TC. Sementara untuk latihan reguler dikurangi jadwalnya.

"Untuk yang mengikuti seleksi ini kita sudah mendapatkan 12 atlet, nanti kita seleksi lagi sampai mendapatkan tiga atlet putra, dan tiga putri," katanya di area panahan Perpani di Jalan Dewi Sartika Kowangan, Temanggung.

Menurut dia, kendala latihan saat Ramadhan adalah harus menyesuaikan jadwal dengan kegiatan puasa, karena jika latihan dibuat reguler saat mereka berpuasa, akan menguras tenaga. Oleh karena itu latihan dibuat sepagi mungkin ataupun sore hari sekaligus menunggu waktu berbuka puasa.

Baca juga: Ketum PB Perpani semangati para atlet rebut tiket Olimpiade di Berlin

"Seminggu kami jadwalkan latihan empat kali bagi para atlet. Selama Ramadan ini durasinya juga kami potong. Biasanya 200 anak panah menjadi 100 anak panah," katanya.

Atlet panahan Vania Tani Resa Wardoyo menyampaikan meskipun puasa tetap ada yang melakukan latihan. Latihan reguler dari pukul 16:00 WIB sampai 18:00 WIB.

Menurut dia, latihan saat berpuasa tetap menyenangkan, karena banyak temannya sehingga tidak terasa lapar. Kesulitan latihan saat berpuasa adalah melawan rasa malas.

"Soalnya kalau puasa rasanya pengen santai-santai. Tetapi kita punya tanggung jawab untuk latihan. Jadi mau tidak mau harus melawan rasa malas untuk latihan," katanya.

Baca juga: Lima atlet para panahan lolos kualifikasi ke Paralimpiade Paris
Baca juga: Atlet Indonesia raih juara ketiga ajang panahan berkuda di Arab Saudi

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024