Indonesia mengalahkan Prancis, Russia, dan Brazil

Jakarta, 6 November 2013 (ANTARA/PRNewswire) Kemampuan berbahasa Inggris penduduk Indonesia secara rata-rata mengalami kemajuan yang paling pesat di dunia, berdasarkan hasil penelitian kemampuan berbahasa Inggris terbaik di dunia yang diumumkan hari ini.

Indeks kemampuan berbahasa Inggris EF EPI 2013 menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia, khususnya dewasa, telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dibandingkan negara-negara Asia lainnya dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

“Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terpenting dalam bidang ekonomi di dunia dengan menarik milyaran dollar investasi asing, dan dengan kemajuan pesat dalam berbahasa Inggris ini di prediksi akan menarik lebih banyak lagi investor dunia”, ungkap Lars Berg, Executive Vice President EF English First.

“Perusahaan-perusahaan terbaik dunia memilih tempat untuk berinvestasi dengan mempertimbangkan kemudahan dalam berbisnis--  dan kemampuan berkomunikasi dengan mereka menjadi hal yang sangat penting dalam hal ini.”

Menurut laporan penelitian kemampuan berbahasa Inggris EF EPI, pada tahun 2007 Indonesia masih berada di papan bawah dalam kemampuan berbahasa Inggris, menempati posisi 34 dari total 44 negara dan teritori. Namun menurut sumber yang sama, pada tahun 2013 Indonesia sudah berada di posisi 25 dari total 60 negara yang dilibatkan dalam penelitian. Indonesia mengungguli Prancis, Italia, Russia dan Brazil.

Lars berpendapat bahwa kemajuan kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia juga dipengaruhi oleh berkembangnya kelas menengah di Indonesia, yang ingin memperbaiki kemampuan bahasa Inggris mereka untuk membuka peluang untuk memiliki pekerjaan dan kehidupan yang lebihbaik.

Namun di sisi lain, walaupun semakin banyak anak-anak Indonesia yang bersekolah di sekolah dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, pemerintah Indonesia baru-baru ini justru meniadakan pelajaran bahasa Inggris dari kurikulum sekolah dasar nasional. “Kemajuan yang sangat pesat dalam kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia  adalah bagian dari tren besar-besaran yang terjadi di Asia”, tegasLars. “Pesaing-pesaing Indonesia di bidang ekonomi seperti India, Vietnam, dan Thailand juga menunjukkan kemajuan yang pesat, walaupun tidak sebesar Indonesia. Nampaknya hal ini menjadi hal wajib bagi Indonesia untuk bias bersaing di kancah perekonomian regional dan global.”

Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia – yang dipercaya oleh EF sebagai factor utama dalam mendorong kemajuan kemampuan berbahasa Inggris – diprediksi akan berlipat ganda pada tahun 2020, dari 74 juta menjadi 141 juta, menurut laporan penelitian yang dikeluarkan oleh perusahaan konsultan bisnis kenamaan, Boston Consulting Group.

Pada tahun 2012, Indonesia memecahkan rekor dalam hal penanaman modal asing– khusunya dalam investasi pembukaan dan pengembangan pabrik dan fasilitas infrastrutur, dibandingkan dengan pada pasar bursa. Hal ini membuktikan bagaimana menariknya Indonesia di mata dunia internasional.

Kemajuan Indonesia dalam berbahasa Inggris dalam 6 tahun terakhir menempati posisi keempat tertinggi di dunia – dan hanya dikalahkan oleh negara-negara Eurasia seperti Turki, Kazakhstan, dan Negara Eropa Timur seperti Hungaria.

Swedia menempati posisi teratas dalam indeks kemampuan berbahasa Inggris EF EPI, sementara Irak menempati posisi juru kunci. Indeks kemampuan berbahasa Inggris EF EPI (English Proficiency Index) meneliti kemampuan berbahasa Inggris di 60 negara dan teritori dalam 6 tahun terakhir dan melibatkan 5 juta kaum dewasa sebagai respondennya.


Tentang EF Education First



EF Education First (EF), yang didirikan pada tahun 1965 dengan misi "mendobrak hambatan bahasa, budaya, dan geografi", adalah perusahaan pendidikan internasional terkemuka di dunia. EF (http://www.ef.co.id) telah membantu jutaan siswa mempelajari bahasa baru dan bepergian ke luar negeri .Dengan jaringan 450 sekolah dan kantor di lebih dari 50 negara di dunia, EF mengkhususkan diri dalam pelatihan bahasa, perjalanan pendidikan, gelar akademik, dan program pertukaran budaya. EF adalah pelatih bahasa Resmi Olimpiade Musim Dingin ke-XXII di Sochi tahun 2014 dan menjadi yang pertama melakukan penelitian kemampuan berbahasa Inggris orang dewasa di berbagai negara di seluruh dunia (http://www.ef.co.id/epi).



Sumber: EF Education First

Daftar lengkap kemampuan berbahasa Inggris EF EPI

Ranking    Negara
1              Swedia
2              Norwegia
3              Belanda
4              Estonia
5              Denmark
6              Austria
7              Finland
8              Poland
9              Hungaria
10            Slovenia
11            Malaysia
12            Singapura
13            Belgia
14            Jerman
15            Latvia
16            Swiss
17            Portugal
18            Slovakia
19            Argentina
20            Republik Ceko
21            India
22            Hong Kong SAR
23            Spanyol
24            Korea Selatan
25            Indonesia
26            Jepang
27            Ukraina
28            Vietnam
29            Uruguay
30            Sri Lanka
31            Rusia
32            Italia
33            Taiwan
34            China
35            France
36            Uni Emirat Arab
37            Kosta Rika
38            Brazil
39            Peru
40            Meksiko
41            Turki
42            Iran
43            Mesir
44            Chili
45            Maroko
46            Kolombia
47            Kuwait
48            Ekuador
49            Venezuela
50            Yordania
51            Qatar
52            Guatemala
53            El Salvador
54            Libya
55            Thailand
56            Panama
57            Kazakhstan
58            Algeria
59            Arab Saudi
60            Iraq



Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013