Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan mengatakan pemerintah telah menyiapkan infrastruktur pendukungan untuk mudik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2024 dengan baik.

"Saya yakin perjalanan mudik dan balik tahun ini bisa berjalan lancar dan aman, karena pemerintah dalam segi infrastruktur telah mempersiapkan dengan baik," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Menurut dia, menjelang Idul Fitri, umat Islam yang tinggal di perkotaan biasa melakukan mudik ke kampung halaman.

Mengenai perjalanan mudik, Sjarifuddin menyampaikan pesan agar para pemudik melihat jadwal one way dan contraflow yang diterapkan oleh pihak terkait.

"Hindari jam-jam padat," ujarnya.

Dia juga menyarankan para pemudik agar membawa barang secukupnya. Sebelum meninggalkan rumah di kota, diingatkan agar rumah yang ada keamanannya sudah terjaga dengan baik. Jangan sampai nanti ada masalah di saat mudik.

"Sampai di kampung halaman, waktu yang ada didorong agar dipergunakan sebaik-baiknya untuk bersilaturahmi dengan saudara, tetangga, dan kawan," pesannya.

Hal itu juga disampaikan Sjarifuddin pada kegiatan silaturahim dan buka puasa bersama di kawasan Sentul City, Bogor, Minggu (31/3).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para warga yang telah meluangkan waktu untuk bisa bersilaturahmi dan buka puasa bersama,” katanya.

Ia berharap silaturahim seperti ini terus dijaga dan diupayakan agar apa yang dilakukan mendapat berkah, rahmat, dan hidayah dari Allah SWT.

Dia juga mengajak kepada semua untuk meningkatkan kepedulian kepada sesama di bulan yang penuh berkah, maka tidak ada lagi kehidupan warga yang tertinggal.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024