Al Quran ini akan menjadi sumber bacaan bagi saudara-saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus di seluruh dunia.
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Agama bersama percetakan khusus Al Quran, Majma Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif, yang berada di bawah koordinasi Kementerian Urusan Agama, Wakaf, Dakwah Arab Saudi, akan memperbanyak cetakan Al Quran bahasa isyarat.
 
Keputusan ini diumumkan oleh Kepala Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi, dalam acara peluncuran Iqro’na, panduan praktis untuk belajar Al Quran braille, di Jakarta, Senin.
 
"Langkah ini akan membantu menyediakan Al Quran isyarat secara lebih luas bagi saudara-saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus di seluruh dunia," ujar Kepala Balitbang Diklat Kemenag Amien Suyitno.
 
Mushaf Al Quran bahasa isyarat ini merupakan produksi Lajnah Pentasihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Balitbang Diklat Kemenag RI. Al Quran bahasa isyarat ini menjadi yang pertama di dunia dan akan dicetak massal oleh Majma Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif.

Baca juga: Penerjemahan Al Quran bahasa daerah libatkan Pemda dan tokoh adat

Baca juga: Baznas latih 1.020 pengajar Al Quran bahasa isyarat pada 2024
 
Menurut Suyitno, rencana percetakan massal ini merupakan tonggak penting dalam upaya meningkatkan akses literasi Al Quran bagi penyandang disabilitas di seluruh dunia.
 
"Selain itu, menjadi komitmen Balitbang Diklat Kementerian Agama dalam memberikan layanan yang inklusif dan merata bagi semua umat. sesuai dengan visi pemerintah dalam membangun masyarakat yang lebih berkeadilan dan berkesetaraan," kata dia.
 
Sementara itu, Kepala Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi, mengekspresikan kekagumannya terhadap Al Quran bahasa isyarat yang diterbitkan oleh Lajnah Penastihan Mushaf Al Quran.
 
Ia menyatakan kesediaannya untuk menggandakan produksi Al Quran tersebut di Madinah.
 
"Al Quran ini akan menjadi sumber bacaan bagi saudara-saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus di seluruh dunia," ujarnya.*

Baca juga: Kemenag sediakan 10 jenis master mushaf Al Quran siap cetak

Baca juga: Indonesia akan cetak Al Quran bahasa isyarat pertama di dunia

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024