Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya  PT Jasamarga Related Business (JMRB) mengungkapkan 49 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area beroperasi dalam rangka mendukung mudik Lebaran.

Direktur Utama PT JMRB Denny Abdurachman mengatakan bahwa Jasa Marga menambah hampir tiga kali lipat jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area Jasa Marga Group.

"Jumlah SPKLU di rest area Jasa Marga saat ini mencapai 49 titik, yang sebelumnya hanya 17 titik. Sebelas di antaranya telah di upgrade dari normal charging ke fast charging sehingga untuk kendaraan listrik tipe tertentu dapat terisi optimal dengan waktu pengisian selama 30 menit," ujar Denny di Jakarta, Selasa.

Saat mengisi daya baterai, pengguna jalan dapat menikmati sejumlah fasilitas dan layanan di rest area.

Jasa Marga bersama Pertamina juga berkolaborasi untuk memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) pengguna jalan di SPBU rest area, salah satunya dengan menyediakan SPBU Modular di 14 lokasi rest area yang beberapa di antaranya telah dilakukan penyesuaian perubahan sistem dispenser SPBU solar menjadi Pertamax.

Jasa Marga juga bersama pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan 29 posko kesehatan di sejumlah rest area yang akan membantu pengunjung untuk melakukan pengecekan kesehatan selama perjalanan, hingga penambahan toilet fungsional sebanyak 599 bilik.

Kecukupan air bersih juga dipastikan dengan menambah pasokan air bersih di toilet dan sarana ibadah, penambahan petugas pengatur lalu lintas hingga 141 personil guna mempercepat penanganan rekayasa lalu lintas dan arus kendaraan, serta petugas keamanan yang bersiaga selama 24 jam yang membuat pengunjung dapat beristirahat dengan nyaman di rest area.

Jasa Marga juga akan mengalihkan fungsi toilet pria menjadi toilet wanita karena antrean panjang cenderung terjadi di toilet wanita dan toilet pria nantinya akan menggunakan toilet fungsional.

Dengan segala kesiapan operasional dan peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh Jasa Marga Group di rest area, diharapkan pengamanan libur Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman, dan seluruh pengguna jalan tol juga dapat bekerja sama dalam menaati aturan-aturan yang berlaku sehingga bersama-sama dapat menciptakan Mudik Ceria Penuh Makna.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024