Nilai indeks mengalami peningkatan sebesar 0,15 poin apabila dibandingkan dengan nilai tahun 2022
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Yudisial (KY) Amzulian Rifai mengatakan bahwa indeks integritas hakim pada tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar 0,15 poin, yakni dari 7,84 di tahun 2022 menjadi 7,99 pada tahun 2023.

"Nilai indeks mengalami peningkatan sebesar 0,15 poin apabila dibandingkan dengan nilai tahun 2022," kata Amzulian Rifai saat Penyampaian Laporan Tahunan KY Tahun 2023 di Kantor KY RI, Jakarta, Selasa.

Dijelaskan Amzulian, indeks integritas hakim tersebut merupakan hasil pengukuran oleh KY di 34 provinsi di Indonesia, dalam rangka memperoleh nilai serta dampak atas pelaksanaan kinerja dalam upaya peningkatan integritas hakim.

"Hasil nilai keseluruhan di tahun 2023 adalah 7,99, dengan variabel kejujuran, keteguhan, self-control (kontrol diri), dan self-esteem (harga diri)," ucap Amzulian.

KY, tambah dia, berkomitmen meningkatkan kualitas dan integritas hakim melalui berbagai upaya, seperti pengawasan perilaku hakim, pemantauan persidangan, proses seleksi calon hakim agung yang kredibel, pendidikan dan pelatihan, edukasi publik, serta peningkatan teknologi informasi dalam pengawasan Hakim.

Baca juga: Wapres: KY berperan penting jamin peradilan bersih dan efisien

Baca juga: KY turunkan tim untuk awasi sidang kasus PPLN Kuala Lumpur


Sepanjang 2023, KY telah melakukan peningkatan kapasitas hakim dengan menyelenggarakan 12 kali pelatihan untuk 600 orang hakim. Di samping itu, KY juga melakukan advokasi terhadap 21 peristiwa.

"21 peristiwa yang diduga perbuatan merendahkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim (PMKH) berupa sabotase putusan, keributan dan kericuhan dalam persidangan, pengancaman, caci maki, pencemaran nama baik, perusakan fasilitas pengadilan, penganiayaan terhadap hakim dan penganiayaan terhadap kuasa hukum penggugat dalam persidangan," rinci ketua KY.

Pada kesempatan itu, Amzulian berterima kasih kepada Mahkamah Agung (MA) RI sebagai mitra terdekat KY dalam mewujudkan peradilan yang bersih dan dipercaya oleh masyarakat.

"Kami merasakan adanya komitmen yang tinggi dari pimpinan MA saat ini untuk bersama-sama dengan KY meningkatkan kinerja dan kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan di semua jenjang," ujarnya.

Penyampaian Laporan Tahunan KY Tahun 2023 mengangkat tema "Merajut Nusantara untuk Menjaga Integritas Hakim". Melalui tema tersebut, KY menegaskan bahwa lembaga itu mengedepankan kolaborasi dan koordinasi dengan pemangku kepentingan dalam upaya menghadirkan hakim yang berintegritas.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024