Jadi ada 15 unit armada siap melayani penumpang yang sudah mendaftar online maupun datang langsung ke loket Pelni pada musim mudik lebaran tahun ini,
Makassar (ANTARA) - PT Pelni Makassar, Sulawesi Selatan, menyiapkan 15 unit armada pada "peak season" untuk melayani penumpang yang ingin mudik pada Lebaran 2024 baik ke wilayah timur Indonesia maupun ke barat.

"Jadi ada 15 unit armada siap melayani penumpang yang sudah mendaftar online maupun datang langsung ke loket Pelni pada musim mudik lebaran tahun ini," kata Kepala Cabang PT Pelni Makassar Muhammad Jabir di sela pelepasan penumpang mudik gratis Program Mudik Asyik bersama BUMN 2024 di Pelabuhan Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, khusus hari ini jumlah arus mudik dengan menggunakan KM Doro Londa  kurang lebih 1.000 orang dengan tujuan Surabaya dan Jakarta.

Menurut dia, pergerakan arus mudik mulai terasa pada 26 Maret hingga hari ini dan diprediksi puncaknya pada H-4 lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: Pelni sediakan 100 tiket balik gratis untuk masyarakat NTT

Sementara itu rata-rata kapasitas kapal Pelni, kata dia, terdapat dua tipe yakni tipe 1.000 dan tipe 2.000. Untuk tipe 1.000 ada dispensasi dari Dirjen Perhubungan dengan tambahan penumpang 30 persen.

"Ada namanya non seat yang akan juga dapat tempat di kapal dengan matras. Jadi kapal Pelni ada dua tipe, tipe 1.000 dan tipe 2.000," katanya.

Terkait dengan rute gemuk pada masa musim mudik lebaran, dia mengatakan, selalu yang ke arah barat yakni Surabaya, Jakarta, dan Kalimantan.

Baca juga: Pelni Denpasar mengerahkan dua kapal angkutan Lebaran 2024

Mengenai masih dibukanya pendaftaran tiket non online, Jabir mengatakan, untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang belum melek dengan sistem digital, sehingga diperbolehkan datang ke tiket Pelni untuk membeli tiket.

"Jadi selain kami sudah ada aplikasi, juga masih melayani pembelian tiket secara off line dengan menyiapkan petugas kami di kantor pelayanan PT Pelni," katanya.
Kepala Cabang Pelni Makassar Muhammad Jabir disela memantau arus mudik di Pelabuhan Makassar, Selasa (2/4/2024). Antara/ Suriani Mappong

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024