Pada layanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, JMT menyiapkan beberapa upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol baik di bidang transaksi, lalu lintas, dan tempat istirahat,
Jakarta (ANTARA) - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT) memastikan kesiapan dan peningkatan pelayanan operasi jalan tol menjelang dimulainya periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada 5 - 15 April 2024.

JMT adalah pengelola Ruas Tol Jagorawi, Ruas Tol Jakarta-Tangerang, Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit, Ruas Tol Sedyatmo, Ruas Tol JORR Non S, Ruas Tol Cipularang dan Ruas Tol Padaleunyi,

"Pada layanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, JMT menyiapkan beberapa upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol baik di bidang transaksi, lalu lintas, dan tempat istirahat," ujar Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widyatmiko Nursejati di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Jasa Marga optimalkan teknologi RAMS pantau rest area di mudik Lebaran

Dia mengatakan, kesiapan layanan transaksi dilakukan dengan optimalisasi gardu operasi, mengoperasikan 166 mobile reader, mengaktifkan lajur transaksi darurat, penyiapan akses Km 99 Darang dan Ruas Cipularang sesuai izin Kementerian PUPR.

Kesiapan layanan lalu lintas dengan mengoperasikan 7 armada rescue, 11 armada ambulan, 43 armada derek, 28 armada PJR, 33 armada mobile customer services, 697 unit CCTV, 6 unit smart CCTV dan 116 unit Dynamic Message Sign (DMS).

Layanan tempat istirahat dengan optimalisasi layanan lima belas titik tempat istirahat dan pelayanan dengan rincian yakni Ruas Tol Jagorawi di Km 10 A, Km 35 A, Km 45 A, Km 38 B, serta KM 21 B. Ruas Tol Jakarta-Tangerang di Km 13 A dan Km 14 B. Sedangkan Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi di Km 72 A & B, Km 88 A & B, Km 97 B, Km 125 B, Km 147 A, dan Km 149 B.

Dalam hal pelayanan keamanan dan kesehatan pengguna rest area, pengelola mendirikan 12 Posko Kesehatan dan Posko Keamanan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan/instansi setempat.

Mengoperasikan 10 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan menyiagakan layanan bengkel darurat dan pemberlakuan buka tutup rest area sesuai Diskresi Kepolisian.

Baca juga: Jasa Marga sebut 49 SPKLU di rest area beroperasi dukung mudik Lebaran

Jasamarga Related Business selaku pengelola rest area Travoy Km 88 A & B Ruas Tol Cipularang juga melakukan peningkatan pelayanan dengan menambah 81 toilet fungsional, penambahan stok bahan bakar kendaraan di SPBU, menyediakan posko kesehatan yang bekerja sama dengan Baznas RI, BPJS kesehatan Karawang dan Rumah Sakit Radjak Purwakarta. Jasa Marga juga memastikan pelayanan selama 24 jam.

Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, juga dilakukan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang melalui Keputusan Bersama antara Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, dan Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berlaku yakni pembatasan kendaraan angkutan barang dengan sumbu 3 atau lebih, kendaraan dengan kereta tempelan, kendaraan dengan kereta gandengan dan kendaraan pengangkut (tanah, batu, pasir, hasil tambang dan bahan bangunan), dimulai pada Arus Mudik pada Jum’at 5 April 2024 pukul 09.00 waktu setempat sampai dengan Arus balik pada Selasa 16 April 2024 pukul 08.00 waktu setempat.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024