potensi dua juta kunjungan wisata tersebut juga diukur berdasarkan tren kunjungan pada periode lebaran setiap tahun
Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan dua juta kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di provinsi ini selama libur Lebaran 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dispar DIY Anita Verawati di Yogyakarta, Selasa, menyebutkan angka kunjungan wisata itu seiring dengan jumlah pemudik di DIY yang diperkirakan mencapai 11,7 juta pada Lebaran 2024.

"Sekitar 14 sampai 15 persen dari 11,7 juta pemudik sehingga diperkirakan 1,5 juta sampai 2 juta untuk jumlah wisatawan yang melakukan pergerakan," kata dia.

Menurut Verawati, jumlah wisatawan pada libur Lebaran 2024 diperkirakan meningkat dibandingkan Lebaran 2023 yang mencapai 1,6 juta orang.

Selain dipengaruhi banyaknya jumlah pemudik, menurut dia, potensi peningkatan jumlah wisatawan juga didukung periode libur lebaran tahun ini yang lebih lama serta akses yang lebih bagus.

Menurut dia, potensi dua juta kunjungan wisata tersebut juga diukur berdasarkan tren kunjungan pada periode lebaran setiap tahun.

Baca juga: DIY cek keamanan wahana berisiko tinggi jelang libur akhir tahun

Baca juga: Dispar DIY: "Sleman Temple Run" media promosi pariwisata internasional


Selain menargetkan kunjungan wisata, Dispar DIY telah menyiapkan sejumlah langkah untuk meningkatkan lama tinggal serta tingkat belanja wisatawan selama Lebaran 2024.

Salah satu yang diupayakan adalah menggencarkan promosi paket-paket wisata yang telah disiapkan sejumlah biro travel di DIY lewat ruang-ruang informasi di perhotelan serta posko-posko pariwisata.

Informasi terkait agenda wisata yang telah terjadwal selama April 2024 juga bakal disebarluaskan secara masif.

Menurut Vera, lama tinggal wisatawan di DIY hingga saat ini rata-rata masih di kisaran 1,2 hingga 1,5 hari sehingga pada momen libur Lebaran 2024 diharapkan bisa diperpanjang hingga dua hari.

"Ketika ada beberapa 'event' yang bisa mereka jadikan alternatif untuk ditonton atau dikunjungi diharapkan mereka kemudian merencanakan perjalanan atau menginap lebih lama," kata dia.

Baca juga: Dispar DIY siapkan paket wisata Sumbu Filosofi

Baca juga: Pemerintah DIY bantu mobil promosi pariwisata untuk Kulon Progo

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024