Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Tiga bunga Rafflesia jenis arnoldii bakal mekar sempurna di Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah karena kelopak sudah terbuka yang berwarna kemerahan.
 
Pegiat Wisata Palupuh Joni Hartono di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan tiga bunga rafflesia tersebut tumbuh di kawasan hutan lindung dengan jarak tidak begitu jauh dari pemukiman warga.
 
"Bunga Rafflesia tersebut bakal mekar beberapa hari lagi dan bunga satu dengan bunga lainnya mekar secara bersamaan," katanya.
 
Ia mengatakan bunga tersebut ada yang mekar pada Idul Fitri dan ini bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung selama libur Idul Fitri.

Baca juga: BRIN kaji upaya konservasi bunga Rafflesia di luar kawasan lindung

Baca juga: Bunga rafflesia mekar di Palupuh Agam dikunjungi wisatawan mancanegara
 
Untuk lama mekar hanya enam sampai tujuh hari dan setelah itu, bunga tersebut langsung layu dan menghitam.
 
"Fase bunga itu mekar hanya enam sampai tujuh hari dan setelah itu layu," katanya.
 
Ia mengatakan ini adalah salah satu bunga langka dan dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya mekar sempurna pada hari kedua.
 
Satu pekan lalu, juga ada bunga tersebut mekar sempurna dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.
 
"Kehadiran wisatawan mancanegara tersebut setelah saya mempromosikan melalui media sosial, pelaku wisata dan lainnya," katanya.
 
Ia mengatakan sekitar belasan bunga Rafflesia  mekar di Batang Palupuh selama Januari sampai 2 April 2024.
 
Saat ini masih ada puluhan knop tersebar di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, hutan lindung, hutan rakyat dan pekarangan rumah orang tuanya yang bakal mekar dalam waktu dekat.*
   

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024