Demokrasi tidak berjalan sendiri, tetapi harus diharmonisasikan dengan aspek lain seperti perdamaian, stabilitas, dan pertumbuhan ekonomi,"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa demokrasi tidak bisa berjalan sendiri, tetapi harus berdampingan dengan aspek lainnya seperti perdamaian, stabilitas, dan pertumbuhan ekonomi sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Demokrasi tidak berjalan sendiri, tetapi harus diharmonisasikan dengan aspek lain seperti perdamaian, stabilitas, dan pertumbuhan ekonomi," kata Presiden dalam akun Twitter-nya @SBYudhoyono yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis.

Presiden mengatakan bahwa demokrasi merupakan proses yang terus berkelanjutan diikuti dengan kepatuhan terhadap aturan hukum.

"Konsolidasi demokrasi merupakan proses berkelanjutan yang memberi ruang kebebasan tetapi harus disertai dengan kepatuhan pada hukum," kata Presiden.

Pada hari Kamis (7/11), Presiden Yudhoyono menghadiri acara Forum Demokrasi Bali yang dihadiri oleh peserta dari berbagai negara.

Tema BDF tahun ini adalah konsolidasi demokrasi dalam masyarakat pluralistik.

Kepala Negara memandang tema itu relevan baik untuk pertumbuhan demokrasi Indonesia maupun negara-negara lainnya.
(P008/D007)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013