Tim tersebut beranggotakan Rusmin Lawin, Vallin Tsarina, Panji Himawan, Rewinnita Maretnoningtyas, Tubagus Hikmatullah, Moh. Ayub Arwin, dan Eric Limansantoso.
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Forum Komunikasi Pengusaha IKN mempermudah investor untuk menanamkan modalnya di Nusantara, Kalimantan Timur.

Kepala OIKN Bambang Susantono juga menyambut baik pembentukan Forum Komunikasi Pengusaha Ibu Kota Nusantara (FKP-IKN) yang diadakan antara Otorita IKN dengan para investor yang telah berinvestasi di IKN ini.

”Izinkan saya menggunakan momentum Ramadhan kali ini untuk menyampaikan apresiasi kami kepada investor sekalian atas dukungan dan kerjasama yang sangat baik sejak awal proses hingga hari ini,” ujar Bambang Susantono dalam Investor Gathering bersama para investor yang telah menanamkan investasinya di IKN di Jakarta, Selasa.

Investor Gathering mempertemukan para investor yang telah melakukan groundbreaking di IKN maupun yang tengah melaksanakan proses KPBU melalui Otorita IKN. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Otorita IKN juga memperkenalkan Tim Investor Relations Unit yang merupakan para penanggung jawab dengan latar belakang para profesional di sektor swasta, untuk menangani investor secara profesional dan cepat. Tim tersebut beranggotakan Rusmin Lawin, Vallin Tsarina, Panji Himawan, Rewinnita Maretnoningtyas, Tubagus Hikmatullah, Moh. Ayub Arwin, dan Eric Limansantoso.

Melalui Investor Relations Unit, investor dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai proses investasi serta perkembangan pembangunan di IKN. Ke depannya, tim ini akan menjalin komunikasi langsung dengan setiap investor agar terjaga komunikasi yang erat antara Otorita IKN dengan investor dalam menangani berbagai proses investasi dan kemudahan berusaha di IKN.

”Dengan keberadaan tim ini, kami harapkan Ibu dan Bapak sekalian akan mudah untuk mendapatkan perkembangan informasi proses investasi dan juga progres pembangunan di IKN,” ujar Bambang.

Selain hadirnya Tim Investor Relations Unit, Otorita IKN turut mengumumkan soft launching "Investara” (Investasi Nusantara) yang merupakan platform digital untuk menciptakan kemudahan dalam berinvestasi di IKN.

”Jika sebelumnya investor perlu mengirimkan Letter of Intent (LOI) secara manual melalui email, sekarang LOI dapat langsung di-submit secara mudah melalui aplikasi Investara. Selain itu, Peta Lahan IKN yang sebelumnya terbatas informasinya, kini cukup melalui satu aplikasi, dapat diakses secara digital oleh para investor.” kata Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono.

Baca juga: Forum Investor IKN dibentuk untuk percepat investasi di Nusantara
Baca juga: OIKN sebut pengusaha Malaysia berencana untuk lakukan investasi di IKN


Para investor yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pengusaha IKN menyampaikan apresiasi kepada Otorita IKN atas berlangsungnya Investor Gathering serta hadirnya berbagai platform yang dihadirkan untuk memudahkan para investor.

Forum Komunikasi Pengusaha IKN merupakan wadah yang diinisiasi dan beranggotakan para investor yang telah melakukan groundbreaking di IKN maupun tengah melaksanakan proses KPBU (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha) untuk menciptakan sinergi antara para Investor dengan pihak Otorita IKN.

Sementara itu, Sekretaris Forum Komunikasi Pengusaha IKN Theresia Rustandi mengatakan FKP-IKN sangat berterima kasih dan mengapresiasi kerja sama dengan Otorita IKN karena akan memberikan dampak positif untuk para investor.

”Para Investor menyampaikan apresiasi kepada Otorita IKN yang telah memfasilitasi dan mendengarkan berbagai kebutuhan investor demi tercapainya iklim investasi yang profesional dan tangkas di Ibu Kota Nusantara. Kami berharap hubungan antara para investor melalui Forum Komunikasi Pengusaha IKN dan Otorita IKN dapat terus menciptakan solusi bagi berbagai perkembangan pembangunan IKN," kata Theresia Rustandi.

Baca juga: Peletakan batu pertama tahap lima di Kota Nusantara Rp49,6 triliun
Baca juga: Jokowi minta penyediaan lahan untuk investasi di IKN dipercepat

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024