Lampung Selatan (ANTARA) - Kepolisian Resor Polres Lampung Selatan, Polda Lampung, membentuk 13 pos pengamanan untuk Operasi Ketupat di daerah setempat pada 4 sampai dengan 16 April 2024.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin mengatakan, pos pengamanan tersebut guna memantau dan melancarkan jalannya pengamanan jalur mudik di wilayah tersebut.

"Kami dari Polres Lampung Selatan yakni mendirikan sebanyak 13 pos pengamanan yang tersebar di tiga titik jalur yang akan dilintasi oleh pemudik," kata AKBP Yusriandi Yusrin, di Kalianda, Rabu.

Ia menjelaskan, pihaknya juga mendirikan dua pos pelayanan masyarakat bagi pemudik yang berlokasi di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni dan Bandara Radin Intan Natar Lampung Selatan.

Ke-13 pos tersebut terdiri atas dua pos pelayanan dan 11 pos pengamanan yaitu Pos Pam RM. 3 Saudara Ketapang, Pos Pam Pelabuhan BBJ, Pos Pam Gayam, Pos Pam Exit Tol Sidomulyo, Pos Pam Merak Belantung, Pos Pam Tarahan, Pos Pam Pasir Putih, Pos Pam Rest Area KM.20B, Pos Pam RM. Kita, Pos Pam Rest Area KM.49B dan Pos Pam Rest Area KM.87B.

Menurut dia, pendirian pos pengamanan itu bertujuan mendukung persiapan pelaksanaan pengamanan pada Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Ia mengatakan, pelaksanaan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dan seluruh stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dalam pengamanan ini Polres Lampung Selatan menerjunkan 201 personel dengan dukungan dari Kodim 0421/Ls sebanyak 76 personel, Dishub (60), Pol PP (88), Dinas Kesehatan (88), BPDB (18), Basarnas (18), Senkom Polri (20) dan pendukung lainnya.

Personel yang dilibatkan terdiri dari petugas pengamanan pos operasi di Rest Area JTTS dan jalur arteri lintas tengah dan lintas timur serta pengerahan Satgas Operasi, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar, Satgas Gakkum, Satgas Humas dan Satgas Banops.

Pengamanan Lebaran ini berbeda dengan kegiatan operasi lainnya, karena Polres Lampung Selatan melakukan pengamanan arus mudik dari pulau Jawa menuju Sumatera melalui pelabuhan Bakauheni Lampung, dan melewati wilayah Polres Lampung Selatan seperti JTTS, Jalinsum lintas tengah dan Jalinsum lintas timur. Disamping arus mudik dan balik, Polres Lampung Selatan juga mengamankan sejumlah lokasi wisata baik wisata pantai maupun lokasi hiburan yang menjadi sasaran berlibur selama libur Lebaran 2024.


Baca juga: Jelang mudik, Polres Jaktim dirikan 11 pos pelayanan dan pengamanan 

Baca juga: Polresta Tangerang siapkan sembilan Pos mudik Lebaran 2024

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024