Pangkalpinang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung bersama sejumlah instansi terkait menyiapkan 33 posko untuk pelayanan dan pengamanan arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami sudah mendirikan 33 pos pengamanan, pelayanan dan pos terpadu, baik di jalur utama antarkabupaten, lokasi strategis dan vital, maupun di pelabuhan penyeberangan," kata Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Tornagogo Sihombing di Pangkalpinang, Rabu.

Sebanyak 33 unit posko yang disiapkan tersebut berada di Pulau Bangka sebanyak 24 pos dan Belitung sembilan pos. Posko tersebut mulai aktif pada hari ini, terutama pos di pelabuhan-pelabuhan yang menjadi jalur utama penyeberangan antarpulau.

"Dari tahun ke tahun, di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok, Kabupaten Bangka Barat, menjadi titik rawan kepadatan sehingga sudah kita antisipasi sebelumnya," katanya.

Dalam pengamanan Operasi Ketupat Menumbing 2024, Polda Babel melibatkan 1.496 personel gabungan dengan TNI dan instansi terkait lain, yang disebar di titik-titik konsentrasi mudik lebaran, baik di pos pengaman maupun di jalur-jalur pengamanan, seperti pelabuhan, bandara, dan titik konsentrasi ekonomi.

Untuk kelancaran arus mudik, pihaknya konsentrasi di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok karena pelabuhan tersebut merupakan pintu gerbang utama di ujung barat Pulau Bangka yang terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan.

"Di pelabuhan itu, saat arus mudik lebaran selalu terjadi penumpukan penumpang, baik orang, kendaraan pribadi, truk, maupun armada logistik. Diperkirakan penumpukan terjadi di antara tanggal 5 hingga 7 April 2024," katanya.

Terkait kepadatan di jalur penyeberangan, Polda Babel sudah mengantisipasi hal terkait kelancaran pembelian tiket dengan menggunakan sistem digital.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar mereka memanfaatkan sarana penyeberangan melalui ASDP ini yang telah disiapkan supaya tingkat kenyamanan mereka tetap bisa dipelihara.

"Tahun lalu bis ataupun kendaraan masuk yang menggunakan pelabuhan itu sebanyak 26.500 unit dan tahun ini diprediksi naik sebanyak 40 persen atau diperkirakan sebanyak 39.500 unit. Hal ini dikarenakan mereka telah memesan tiket melalui sistem digital," katanya.

Untuk antisipasi kepadatan penyeberangan di Pelabuhan Tanjungkalian, kapal roro yang diaktifkan, baik untuk berangkat maupun datang sebanyak 14 unit kapal.

Baca juga: Pos pelayanan mudik Mega Bekasi Hypermall mulai beroperasi Senin
Baca juga: Daftar lokasi posko pengamanan dan pelayanan mudik di Kalimalang
Baca juga: Dinkes Bengkulu siapkan multivitamin bagi pemudik di 32 pos kesehatan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024