Jakarta (ANTARA) -
Sebuah kios sembako yang berada di dalam Pasar Perumnas Klender, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu siang, terbakar.
 
Perwira Piket Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Edi Parwoko mengatakan kebakaran yang terjadi sekira pukul 13.20 WIB itu sempat membuat para pedagang panik karena gumpalan asap tebal dan hitam pekat menyebar ke setiap sudut kios.
 
Sejumlah pedagang dan pembeli yang saat itu berada di dalam pasar pun nampak kesulitan bernapas dan keluar meninggalkan sekitar lokasi kebakaran.
 
"Ya kami mendapatkan laporan adanya kebakaran kios dan kami cek ke dalam, jadi kios yang di bawah aman jadi hanya gudangnya aja yang bagian di atas atau atap kios, dan itu gudang sembako," kata Edi di lokasi.
 
Dia menduga kebakaran itu diakibatkan korsleting listrik yang berada di atap kios mengingat banyak kabel.
 
Dengan tindakan cepat yang dilakukan oleh petugas Damkar, api tidak sempat merambat ke bangunan kios lainnya.
 
Sebanyak 13 unit mobil pemadam dengan 65 personel berhasil memadamkan api yang membakar bangunan kios seluas 12 meter persegi.
 
Meskipun akses ke dalam kios sempit dan gelap, namun tidak menghambat proses pemadaman.
 
"Tidak ada kendala apa pun saat pemadaman. Api berhasil dipadamkan," katanya.
 
Edi memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun pihaknya belum bisa memperkirakan berapa kerugian materil yang dialami pemilik kios tersebut.
 
Sementara itu, pemilik kios, Heri mengaku terkejut sebagian bangunan kiosnya terbakar karena saat kejadian dirinya tidak berada di lokasi.
 
"Saya kaget awalnya itu lagi ke lantai satu pasar belanja, eh pas naik ke ruko lantai dua dikasih tahu anak buah saya ada kebakaran, langsung panik kami dan coba dipadamkan pakai APAR," tuturnya.
 
Karena tidak sanggup memadamkan api, para pedagang di sekitar lokasi langsung melaporkan kebakaran tersebut ke Damkar sektor Malaka Jaya.

Baca juga: Sebuah kapal BBM terbakar di Pelabuhan Marunda
Baca juga: Gulkarmat kerahkan 12 unit pemadam atasi kebakaran rumah di Koja

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024