PLN memastikan seluruh pasokan daya sistem kelistrikan dalam kondisi normal.
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyiagakan total 82.631 personel dan 2.766 posko untuk menjaga dan mengamankan pasokan listrik selama periode libur Lebaran dengan masa siaga yang dimulai pada 3 April 2024 hingga 19 April 2024.

"Kami sudah menetapkan masa siaga dimulai pada hari ini 3 April 2024 sampai 19 April 2024. Di mana tanggal 15 April masih hari libur bersama, kemudian kami tambah lagi sekitar lima hari setelah 15 April, yaitu 19 April," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Rabu.

PLN juga menyiapkan alat pendukung selama periode siaga dengan menyediakan 1.731 genset, 735 uninterruptible power supply (UPS), 1.206 unit gardu bergerak (UGB), 188 unit kabel bergerak, 33 tower emergency recovery system, 19 unit trafo mobile, 395 crane, 3.756 mobil, 3.318 motor, serta 1.299 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

"PLN memastikan seluruh pasokan daya sistem kelistrikan dalam kondisi normal. Untuk itu kami sudah melakukan persiapan selama dua bulan ini. Kami melakukan persiapan mulai dari energi primer dan pembangkitnya, sistem transmisi, sistem distribusi, hingga sistem pelayanan pelanggan," kata Darmawan.

Dia memastikan, neraca daya nasional dalam kondisi aman serta cadangan energi primer di atas 20 hari operasi (HOP). PLN juga sudah memajukan seluruh jadwal pemeliharaan baik pemeliharaan pembangkit, gardu induk, transmisi, jaringan distribusi, hingga saluran ke pelanggan.

"Kami sudah melakukan inspeksi skrining, patroli rutin dalam memastikan keandalan infrastruktur kelistrikan bisa aman, sehingga jalannya Lebaran ini bisa berjalan dengan lancar," ujar dia lagi.

Khusus SPKLU, Darmawan merinci sebanyak 1.299 SPKLU tersebar di 879 lokasi. PLN telah menyediakan SPKLU di setiap titik rest area, baik rest area tipe A maupun rest area tipe B.

Selain itu, PLN menyediakan 3 unit SPKLU mobile serta petugas SPKLU yang standby 24 jam setiap hari untuk memastikan masyarakat yang menggunakan mobil listrik untuk mudik Lebaran bisa berjalan dengan lancar sampai ke tujuan.

Berbagai layanan daring juga disiapkan PLN termasuk ketersediaan fitur "trip planner" di aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan pemudik dalam mengakses informasi lokasi SPKLU sepanjang rute perjalanan melalui EV Digital Services.

Apabila mobil listrik yang digunakan pemudik mengalami gangguan di tengah jalan, PLN menyediakan fitur khusus layanan darurat melalui PLN Mobile. Tak hanya itu, hotline layanan PLN juga bisa diakses melalui call center dan WhatsApp.
Baca juga: Pegawai PLN berbagi kebahagiaan Ramadan di panti asuhan 
Baca juga: Komitmen bisnis ramah lingkungan, afiliasi PLN EPI raih Proper Biru

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024