Labuan Bajo (ANTARA) - Kepala Cabang Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Labuan Bajo Fitriyaningsih mengajak para pemudik untuk memanfaatkan tiket kapal Pelni secara gratis untuk arus balik rute Labuan Bajo-Makassar pada 21 April 2024 melalui program Tiket Gratis Angkutan Lebaran 2024.
 
"Ada kuota 300 penumpang dan pendaftaran sudah kita mulai dari minggu lalu, kuota masih banyak jadi masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya bisa ikut mendaftar," katanya ditemui di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (3/4).
 
Ia menjelaskan program tersebut merupakan kerja sama Kementerian Perhubungan RI dengan Pelni di seluruh Indonesia.
 
Ia menambahkan hingga saat ini calon penumpang yang telah mendaftarkan diri sebanyak 54 orang yang didominasi penumpang keluarga.
 
"Masih terdapat 246 kuota," jelasnya.
 
Bagi warga yang ingin mendaftarkan diri, lanjut dia, dapat mengisi formulir yang tersedia secara daring di alamat tautan atau link https://tr.ee/ogRS5weWsl.
 
Persyaratan yang wajib dilakukan yakni melampirkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dan pendaftaran yang lolos verifikasi akan diinformasikan melalui pesan WhatsApp.
 
"Nanti akan ada instruksi untuk cetak tiket gratisnya," katanya.
 
Ia juga menjelaskan telah melakukan penyebaran informasi program Tiket Gratis Angkutan Lebaran 2024 dengan kapal Pelni tersebut melalui media sosial serta berbagai komunitas masyarakat di daerah itu.
 
Sebelumnya Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo Stephanus Risdiyanto mengatakan latar belakang program Tiket Gratis Angkutan Lebaran 2024 untuk menekan angka kecelakaan peserta mudik, lebih khusus yang menggunakan moda transportasi darat.
 
Di lain sisi, kata dia, melalui program tersebut pemerintah dapat membantu masyarakat dalam masa mudik lebaran.
 
"Selain itu untuk memberikan pemerataan untuk seluruh wilayah Indonesia agar merasakan program pemerintah mudik gratis, salah satunya Labuan Bajo," katanya.

Baca juga: Pelni imbau calon penumpang tidak beli tiket kapal dari media sosial
Baca juga: PT Pelni Makassar siapkan 15 unit armada hadapi "peak season"
Baca juga: Pelni sediakan 100 tiket balik gratis untuk masyarakat NTT

 

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024