Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Modern Pentathlon Indonesia (PP MPI) bakal kirim empat atlet ke kejuaraan Asian Championships Pentathlon 2024 yang berlangsung di Hwaseong, Korea Selatan pada 10 April.

Ketua Umum PP MPI Marsekal Muda TNI Purwoko Aji Prabowo mengungkapkan telah melakukan seleksi nasional (seleknas) dari berbagai daerah sehingga mengerucut empat nama atlet yang akan berangkat ke Korea Selatan.

"Kami bulan lalu sudah mengadakan seleksi nasional dengan segala kepengurusan yang ada dengan kesiapan yang ada," kata Ketua Umum PP MPI Purwoko Aji Prabowo kepada pewarta, Rabu.

"Kami menyeleksi atlet untuk keberangkatan ke Korea Selatan untuk 10 April, kita akan mengirim empat atlet. Kemudian pada 16 April, para atlet tersebut akan bergeser ke Thailand lanjut ada event internasional juga di Thailand," tambah Aji Prabowo.

Selain mengirim atlet untuk kejuaraan senior, PP MPI juga mempersiapkan sejumlah atlet junior yang akan berkompetisi di kejuaraan Asian U-19 Championships yang juga berlangsung Hwaseong, Korea Selatan.

Aji menjelaskan untuk kejuaraan di Korea Selatan telah melakukan seleksi internal dengan menjaring empat atlet sedangkan untuk ke kejuaraan yang berlangsung di Thailand akan mengirimkan sepuluh atlet.

"Yang diberangkatkan kemarin kita seleksi nasional sudah kita jaring ada sekitar 20 tetapi setelah seleksi lagi kita padatkan sehingga kita memberangkatkan empat saja yang terbaik empat, kemudian yang ke Thailand kita kirim 10 orang," ujar Aji.

Mengenai persiapan fasilitas penunjang atlet, Aji akan memanfaatkan sejumlah arena di Jakarta, Yogyakarta hingga Bandung dan sejumlah fasilitas daerah dengan dinas terkait.

"Kebetulan beberapa tempat di Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung juga ada oleh pengurus daerah. Kita masih menggunakan fasilitas-fasilitas yang terkait dengan kedinasan dan itu sangat membantu untuk organisasi secara keseluruhan," tambah Aji.

Baca juga: KONI Pusat harap modern pentathlon jadi cabor unggulan Indonesia
Baca juga: Ketum KONI Pusat apresiasi kesiapan Indonesia tatap Olimpiade 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024