ASDP Merak memberlakukan skenario untuk mengatasi kemacetan kendaraan maupun penumpukan angkutan dengan pengoperasian tiga pelabuhan.
Merak (ANTARA) -
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak, Banten memprediksi jumlah kendaraan pemudik Lebaran 1445 H/2024 terjadi peningkatan, sehingga mengoptimalkan fasilitas dan infrastruktur untuk kelancaran, kenyamanan, keamanan dan selamat sampai tujuan.
 
General Manager (GM) PT ASDP Cabang Utama Merak Suharto, di Merak, Rabu, mengatakan jumlah kendaraan pemudik Lebaran tahun ini untuk Pelabuhan Merak diprediksikan terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya.
 
Pemudik yang menggunakan kendaraan tahun ini diperkirakan mencapai 27 ribu-28 ribu unit, dan tahun lalu hanya 26 ribu unit per hari.
 
Peningkatan jumlah kendaraan itu tentu sudah disiapkan dengan menampung kapasitas lahan parkir di dalam pelabuhan 5.206 unit.
 
Selama ini, pada H-7 atau Rabu ini khususnya untuk Pelabuhan Merak berjalan lancar dan kendaraan yang masuk pelabuhan bisa langsung diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
 
'Kami meyakini adanya peningkatan jumlah kendaraan pemudik sudah dipastikan berjalan lancar tanpa terjadi antrean kemacetan maupun penumpukan angkutan," kata Suharto.
 
Menurut Suharto, pihaknya sudah mengantisipasi kemacetan maupun penumpukan kendaraan di sekitar Pelabuhan Merak sebagai pelabuhan induk.
 
Karena itu, ASDP Merak memberlakukan skenario untuk mengatasi kemacetan kendaraan maupun penumpukan angkutan dengan pengoperasian tiga pelabuhan.
 
Pengoperasian tiga pelabuhan itu sudah dilakukan Rabu (3/4), antara lain Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan Bojonegara.
 
Untuk Pelabuhan Merak itu diperuntukkan penumpang pejalan kaki, kendaraan kecil, bus, golongan 4 D dan 5 D.
 
Pelabuhan Ciwandan khususnya untuk kendaraan sepeda motor, truk golongan 6 dan 7. Sedangkan Pelabuhan Bojonegara untuk kendaraan golongan 8 dan 9.
 
"Kami memastikan mudik Lebaran tahun ini dijamin tidak terjadi kepadatan kendaraan maupun penumpukan angkutan, karena dioperasikan pembagian 3 pelabuhan itu," katanya menjelaskan.
 
Sejumlah dermaga di Pelabuhan Merak terpantau lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan di kantong-kantong parkirnya, karena kendaraan yang masuk pelabuhan bisa langsung diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
 
"Kami mengapresiasi pelayanan ASDP Merak semakin baik tanpa terjadi antrean kendaraan dan penumpukan angkutan," kata Hendro (45), seorang sopir kendaraan pribadi hendak menuju Palembang, Sumatera Selatan.
Baca juga: ASDP Cabang Bakauheni siapkan 66 kapal pada lebaran 2024
Baca juga: ASDP prediksi puncak arus mudik Pelabuhan Merak pada 6 April

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024